Analisis Restrukturisasi Kartu Kredit pada Bank KB Bukopin Cabang Utama Bandung

  • Royani Sihombing STIE STEMBI Bandung
Keywords: Bank, Kartu Kredit, Restrukturisasi

Abstract

Tujuan_Yang menjadi perhatian dalam penelitian ilmiah ini adalah untuk menghindari terjadinya kredit macet dapat dilakukan upaya restrukturisasi kredit yang dalam kenyataannya tidak semua bank akan menawarkan upaya restrukturisasi. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam kegiatan operasional Card Center PT Bank KB Bukopin Regional Bandung dalam menyelesaikan kartu kredit yang menunggak dari setiap nasabah.

Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode analisis data dalam melakukan analisis data, diperlukan data yang akurat dan dapat dipercaya yang nantinya akan digunakan dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis. Selain itu juga penulis melakukan metode analisis kualitatif yaitu merupakan kajian yang menggunakan datadata teks, persepsi, dan bahan-bahan tertulis lain untuk mengetahui hal-hal yang tidak terukur dengan pasti (intangible).

Temuan_Proses yang dilakukaan PT Bank KB Bukopin Cabang Utama bandung dalam melakukan restrukturisasi tidak terlepas dari proses analisis dan dokumentasi serta pemantauan yang mendalam terhadap debitur. Setelah restrukturisasi dilakukan maka perubahan kolektabilitas kredit tersebut akan kembali menjadi lancar setelah debitur membayar angsurannya sebesar akad kredit yang baru selama 3 (tiga ) bulan berturutturut. Bank KB Bukopin juga melakukan audit intern terhadap perkreditan secara berkala oleh jajaran Audit Intern yang pelaksanaannya mengacu pada Standar Pelaksanaan Fungsi Audit Intern Bank (SPFAIB) yang ditetapkan oleh Bank Indonesia.

Implikasi_Program yang dijalankan oleh pihak Bank KB Bukopin dalam membantu menyelesaikan tunggakan kartu kredit yang dialami nasabah yaitu dengan merestrukturisasi tunggakannya supaya pembayaran nasabah kembali lancar.

Originalitas_Data nasabah yang menunggak diambil langsung dari pihak Bank KB Bukopin, yang tertera di bagian pendahuluan dan lampiran.

Tipe Penelitian_Penelitian ini menggunakan metode kualitatif

Published
2022-03-19
How to Cite
Sihombing, R. (2022). Analisis Restrukturisasi Kartu Kredit pada Bank KB Bukopin Cabang Utama Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (4), 469-476. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.415
Section
Articles