Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021

  • Riska Nurahmawati Akademi Akuntansi Bandung
  • Achmad Zaki Miftah Fauzia Akademi Akuntansi Bandung
Keywords: biayapromosi, lababersih

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021 secara parsial, dengan jenis data sekunder berupa data pertahun dengan 10 perusahaan.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode uji asumsi klasik,
analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, uji hipotesis parsial , uji t, dan uji koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS.
Temuan_Berdasarkan hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh signifikan antara variabel X biaya promosi terhadap variabel Y laba bersih.
Implikasi_Dari hasil uji t dua belah pihak biaya promosi terhadap laba bersih menunjukka Ho ditolak dan Ha diterima, karena hal ini dapat dilihat dengan nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu sebesar 7.264 > 1.676 dan nilai signifikan dari variabel X yang didapat adalah 0,000 artinya lebih kecil dari taraf signifikan yaitu 0,05 atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, dengan kata lain menyatakan bahwa variabel biaya promosi (X) berpengaruh terhadap laba bersih (Y) dan memiliki nilai positif yaitu sebesar 0.724 yang artinya kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang searah dengan kategori korelasi kuat serta besarnya pengaruh biaya promosi terhadap laba bersih adalah sebesar 72,4%, sedangkan sisanya 27,6% dipengaruhi oleh faktor
lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

References

Bursa Efek Indonesia Laporan Tahunan Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman.
Felicia. 2018. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih
Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2015.
Hery. 2017. Analisis Laporan Keuangan. PT Grasindo.
Harnanto, M. S. S. 2017. Akuntansi Biaya : Konsep dan Metodologi Penggolongan Biaya Elemen
Biaya Produksi Perhitungan Harga Pokok Produksi. BPFE Yogyakarta.
Hanafi, M. A. 2020. "Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Perolehan Laba Bersih Pada Pt. Prima Karya
Manunggal Kabupaten Pangkep'' . PAY Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol. 2 No. 1, Juni 2020.
Irpan Januarsah, Jubi Jubi, Ady Inrawan 2019 Pengaruh biaya produksi dan Biaya pemasaran
Terhadap Laba Perusahaan Pada Pt Pp London Sumatera Indonesia, Tbk Yang Terdaftar Di
Bursa Efek Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung Surabaya.
Mulyadi. 2016. Akuntansi Biaya Edisi 5. Unit Penerbit dan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen
YKPN. Yogyakarta.
Sastroatmodjo, S., dan Purnairawan, E. 2021. Pengantar Akuntansi. Media Sains Indonesia.
Philip Kotler and Kevin Lane Keller. Alih Bahasa Benyamin Molan ,2007, Manajemen Pemasaran, Edisi
Keduabelas, Jilid 1, PT. Indeks
Published
2023-08-25
How to Cite
Nurahmawati, R., & Fauzia, A. (2023). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 164 - 172. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.444
Section
Articles