Pengaruh Implementasi Program Corporate Social Responsibility Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus pada PT. Krakatau Steel, Tbk. di Kota Cilegon)
Abstract
Tujuan_Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terkait implementasi program corporate social responsibility di PT. Krakatau Stell, Tbk Kota Cilegon. Target khusus penelitian ini menguji secara empiris pengaruh implementasi program corporate social responsibility yang direpresentasikan melalui kinerja ekonomi, kinerja sosial
dan kinerja lingkungan terhadap kepuasan masyarakat PT. Krakatau Steel, Tbk. Kota Cilegon.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari jawaban atas pertanyaan melalui kuesioner yang diberikan kepada responden. Responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat Kecamatan Citangkil yang berlokasi di sekitar PT. Krakatau Steel, Tbk. dan memperoleh manfaat atas program Corporate Social Responsibility. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda.
Temuan_Kinerja ekonomi (EKO) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat (KMA) dengan tingkat signifikansi berada di bawah 5% atau 0,05 yakni α = 0,001 dan kinerja sosial (SOS) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat (KMA) dengan tingkat signifikansi berada di atas 5% atau 0,05 yaitu α = 0,721 serta kinerja
lingkungan (LING) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan masyarakat (KMA) dengan tingkat signifikansi berada di bawah 5% atau 0,05 yaitu α = 0,009.Selanjutnya implementasi program CSR secara simultan melalui kinerja ekonomi (EKO), kinerja sosial (SOS) dan kinerja lingkungan (LING) terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan masyarakat dengan tingkat signifikansi berada di bawah 5% atau 0,05 yaitu α = 0,000.
Implikasi_Perusahaan diharapkan untuk lebih meningkatkan keterlibatan masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap implementasi program CSR yang akan direncanakan.
Originalitas_Penelitian dengan topik coporate social responsibility yang dikaitkan dengan kepuasan masyarakat secara primer masih jarang diteliti dimana sebagian besar hanya diungkapkan berdasarkan kinerja financial yang ditunjukkan dalam sustainability reporting namun masih minim yang mengukur keberhasilan dari aspek non financial yakni kepuasan
masyarakat langsung.
Tipe Penelitian_Studi Empiris