Analisa Pengalaman Mengajar Mentor terhadap Kepuasan Peserta di Kursus Komputer YMII Cileungsi

  • Muh. Rizal Universitas Teknologi Digital
  • Isnaini Hijriyah Kurniasari Universitas Teknologi Digital
Keywords: analisis, pengalamanmengajar, kepuasanpelanggan

Abstract

Tujuan_ Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari
pengalaman mengajar mentor terhadap kepuasan peserta di kursus
komputer YMII Cileungsi.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan menggunakan observasi, survei dan wawancara sebagai metode
pengumpulan data.
Temuan_ Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mentor yang
berpengalaman selama 2 (dua) tahun, dinilai sudah sangat cukup untuk
memberikan materi yang dibutuhkan peserta kursus komputer YMII Cileungsi
merasa puas.
Implikasi_ Penelitian ini mengimplikasikan bahwa dengan semakin tinggi
pengalaman dari mentor dapat meningkatkan kepuasan peserta. Hal ini
didapatkan dari berbagai situasi yang sudah dilalui oleh mentor.
Originalitas_ Pengaruh dari lama mengajar serta pengalaman yang dimiliki
oleh mentor terhadap kepuasan peserta terutama dalam pembelajaran
kursus di YMII Cileungsi menjadi originalitas penelitian ini.
Tipe Penelitian_Studi Literatur

References

Daftar Pustaka
Afnina & Hastuti, Y. 2018. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra
Ekonomi dan Bisnis. Vol 9 (1) pp 21-30
Ahmad, I. 2018. Pendidikan Tinggi “4.0” yang Mampu Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Direktur
Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan
Tinggi. Bahan Presentasi.
Alamsyah, M., Ahmad, S., & Harris, H. 2020. Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Pengalaman
Mengajar terhadap Profesionalisme Guru. Journal of Education Research. Vol 1 (3) pp 183-187.
Bahari, A. F., & Basalamah, J. 2019. Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Customer
Relationship Management serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan
kota Makassar. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol 6 (1) pp 11-21.
Kasmawati. 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Mengajar terhadap
Profesionalisme Guru SMP Negeri di Kabupaten Bone. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. Vol 6
(1) pp 18-28
Priansa, D.J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Risdianto, E. 2019. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Evolusi Industri 4.0. Jurnal Academia Edu. Pp
1-16
Sasongko, S.R. 2021. Faktor-faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review
Manajemen Pemasaran). JIMT: Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. Vol 3 (1), 104-114
Wiranti, R. 2021. Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Motivasi Mengajar terhadap Profesionalisme
Guru Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Way Jepara. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan
(Jahidik). Vol 1 (1), 27-37
Published
2023-08-25
How to Cite
Rizal, M., & Kurniasari, I. (2023). Analisa Pengalaman Mengajar Mentor terhadap Kepuasan Peserta di Kursus Komputer YMII Cileungsi. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 372 - 376. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.465
Section
Articles