Analisis Perencanaan Strategi Perusahaan Studi Kasus Pada Perusahaan Obat di PT Sanbe Farma

  • Erni Nurjanah Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Ahmad Ribki Sahroni Sekolah Tinggi Teknologi Bandung
  • Henry Suseno Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

Abstract

Tujuan_Penelitian ini mencoba untuk mengetahui kondisi perusahaan serta posisinya dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada pada saat ini, kemudian menyusun dan mengkaji alternatif strategi bisnis yang tepat untuk perusahaan dalam menghadapi kemungkinan perubahan lingkungan bisnis dan menghadapi persaingan di PT Sanbe Farma yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang usaha memproduksi obat dalam berbagai jenis merek obat.
Metode/Desain_Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan terhadap pihak-pihak terkait di dalam perusahaan. Data-data yang telah diperoleh tersebut dianalisis menggunakan model perumusan strategi melalui matriks-matriks sebagai alat analisis yang dirumuskan secara berurutan dengan tiga tahap pengambilan keputusan yaitu tahap input - EFE-IFE matrix, tahap pencocokan - SWOT, SPACE Matrix, dan tahap keputusan - QSPM.
Implikasi_Hasil akhir penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa perusahaan berada dalam kuadran agresif, menunjukkan bahwa perusahaan berada dalam posisi sangat baik, dan alternatif strategi utama yang layak untuk dijalankan oleh PT Sanbe Farma adalah Product Development pengembangan produk dan dikaitkan dengan strategi kompetitif generik Porter, strategi Pengembangan Produk yang dapat dipilih adalah Diferensiasi. Penerapan strategi diferensiasi ini akan membutuhkan komitmen yang kuat dari PT Sanbe Farma dalam hal penelitian dan pengembangan, pemasaran yang efektif, pengelolaan merek dan pelayanan pelanggan yang unggul. Dengan mengambil pendekatan ini PT Sanbe Farma dapat membedakan diri mereka dari pesaing dan menciptakan keunggulan kompetitif di pasar farmasi.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

References

A Pearce II Jhon.Richard B. Robinson Jr. (2013). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan
Pengendalian, Terj. Nia Pramita Sari.Jakarta: Salemba Empat.
Boone, Louis E. and Kurtz, David L. 2011. Contemporary Business. 14th Edition. John Wiley & Sons,
Inc.
David, Fred R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Glueck, William F, dan Lawrence R, Jauch. 2003. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan.
Jakarta: Erlangga.
Hamel, G dan Prahalad, C, K, 2011. Kompetisi Masa Depan. Yogyakarta: Bina Rupa. Aksara.
Hunger, J. David & Thomas L. Wheelen, 2003 Manajemen Strategi edisi II. Yogyakarta.
Moleong, Lexy. (2005:4). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mullins, Laurie J. 2010. Management & Organisational Behaviour. Ninth Edition. Pearson Prentice Hall,
United States of America.
Thomas L. Wheelen Hunger and J. David Hunger 2008. Strategic Management and Business Policy,
Prentice Hall International, New Jersey.
Thompson, A., Strickland, A. and Gamble, J. (2005) Crafting and Executing Strategy: Text and
Readings. McGraw- Hill, New York.
Ward, John, Peppard, Joe. (2002). Strategic Planning for Information System. 3rd Edition. John Willey
& Sons, Buffins Lane, Chichester.
Jurnal:
Kamaluddin, Iqbal. (2020). Analisis SWOT Untuk Merumuskan Strategi Bersaing Pada PT. Menara
Angkasa Semesta Cabang Sentani. Jurnal DOI:10.31933/JIMT, Volume 1, Issue 4, Maret 2020.
Kurniawati, Rizky., Marlena, Novi. (2020). Analisis SWOT Sebagai Dasar Perencanaan Strategi
Pemasaran Pada Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar. Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Indonesia Vol. 6 No.2 Desember 2020.
Saifuddin, M., Madinah, Siti Hasnaa. (2022). Analisis Perumusan dan Pilihan Strategi Bisnis pada Butik
Saffana Surabaya. Jurnal Iqtishoduna, Vol. 18 (1) 2022: pp. 63- 80.
Septiano, Renil. (2020). Analisis Penyusunan Strategi Bisnis Pada Rayhan Toko Muslim. Jurnal
DOI:10.31933/JIMT, Volume 1, Issue 4, Maret 2020.
Widiyarini., Hunusalela, Zeny Fatimah. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan
Analisis SWOT dan QSPM Dalam Upaya Peningkatan Penjualan PT Primavista Solusi. Journal
of Applied Business and Economic Vol. 5 No. 4 (Juni 2019) 384-397.
Website:
M. Fithrul Mubarok, M.Farm.,Apt. Top 10 Perusahaan Farmasi Terbesar Indonesia Terbaru. Website:
https://farmasiindustri.com/industri/top-10-perusahaan-farmasi-indonesia.html
Published
2023-08-26
How to Cite
Nurjanah, E., Sahroni, A., & Suseno, H. (2023). Analisis Perencanaan Strategi Perusahaan Studi Kasus Pada Perusahaan Obat di PT Sanbe Farma. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 544 - 557. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.486
Section
Articles