Penguatan Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja UKM

  • Nurfitriani Nurfitriani Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan praktis dan
teoritis tentang bagaiman usah kecil dan menengah (UKM) menyesuailkan
dan mengembangkan lebih lanjut kompeten kewirausahaan , inovasi
produk dan kinerj usaha UKM di Samarinda.
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan menggunakan metode kuantitatif dengan mengunakan
kuesioner untuk pengumpulan data. Jumlah sampel yang digunakan
sebanyak 119 responden dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Partial least Square (PLS) digunakan untuk pengolahan data.
Temuan_ Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kompetensi
kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha, kompetensi
kewirausahaan berpengaruh signifikan pada inovalsi produk. Namun
inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha UKM.
Implikasi_ Dengan demikian inovasi produk yang dihasilkan pelaku UKM
perlu untuk dieksplor kembali berkaitan dengan inovasi produk UKM seperti
apa yang nantinya berdampak pada peningkatan kinerja usaha.
Originalitas_ Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

References

Urnal of Business Inquiry, 16(1), 88–101. http://journals.uvu.edu/index.php/jbi/article/view/78
Abdulwahab, M. H., & Al-damen, R. A. (2015). The Impact of Entrepreneurs ’ Characteristics on Small Business Success at Medical Instruments Supplies Organizations in Jordan Amman Arab University Business Administration Department Amman Arab University. International Journal of Business and Social Science, 6(8), 164-175Abdulwahab, M. H., Al-damen, R. A. (2015).
Ar, I. M., & Baki, B. (2011). Antecedents and performance impacts of product versus process innovation: Empirical evidence from SMEs located in Turkish science and technology parks. European Journal of Innovation Management,14(2),172–206. https://doi.org/10.1108/14601061111124885
Ardiana, I. D. K. R., & Brahmayanti, I. A. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Samarinda. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(1), 42– 55. https://doi.org/10.9744/jmk.12.1.pp.42-55
Atuahene-Gima, K., & Wei, Y. (2011). The vital role of problem-solving competence in new product success. Journal of Product Innovation Management, 28(1), 81–98. https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2010.00782.x
Babkin, A. V., Lipatnikov, V. S., & Muraveva, S. V. (2015). Assessing the Impact of Innovation Strategies and R&D Costs on the Performance of IT Companies. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 207, 749–758. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.10.153
Barazandeh, M., Parvizian, K., Alizadeh, M., & Khosravi, S. (2015). Investigating the effect of entrepreneurial competencies on business performance among early stage entrepreneurs Global Entrepreneurship Monitor (GEM 2010 survey data). Journal of Global Entrepreneurship Research, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40497-015-0037-4
Barney, J. (1991). Firm Resources and Sustained Competitive Advantage. In Journal of Management (Vol. 17, Issue 1, pp. 99–120). https://doi.org/10.1177/014920639101700108
Bougrain, F., & Haudeville, B. (2002). Innovation, collaboration and SMEs internai research capacities. Research Policy, 31(5), 735–747. https://doi.org/10.1016/S0048-7333(01)00144-5
Published
2023-08-26
How to Cite
Nurfitriani, N. (2023). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja UKM. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 572 - 579. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.488
Section
Articles