Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Content Marketing Sebagai Variabel Intervening (Survei pada para pengguna TikTok yang berbelanja pada marketplace Shopee)

  • Iskandar Iskandar Universitas Kuningan
  • Dila Faridatunnissa Universitas Kuningan
  • Wachjuni Wachjuni Universitas Kuningan
Keywords: lifestyle, keputusanpembelian, contentmarketing

Abstract

Tujuan_ (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lifestyle terhadap
keputusan pembelian pada marketplace Shopee. (2) Untuk mengetahui dan
menganalisis content marketing memediasi pengaruh lifestyle terhadap
keputusan pembelian pada marketplace Shopee.
Desain/Metode_Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif dengan metode surveey dan pengumpulan data
dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian ini
adalah para pengguna TikTok yang berbelanja pada marketplace Shopee
yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti.
Temuan_Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil
bahwa lifestyle secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian.
Implikasi_Hasil pengujian dari hipotesis yang diajukan memperoleh
kesimpulan bahwa (1) Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. (2) Content marketing memediasi sempurna (perfect
mediation) antara lifestyle terhadap keputusan pembelian.
Originalitas_Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian.
Tipe Penelitian_Studi Empiri

References

Andika, M. H. (2020). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Ambassador terhadap Keputusan
Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Generasi Z di Kabupaten Maros). Skripsi
Thesis, Universitas Hasanuddin.
Cahyaningtyas, R., Wijaksana, T. I., & Telkom, U. (2021). Pengaruh Review Produk dan Konten
Marketing pada TikTok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista.
8(5), 6488–6498.
Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan
Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal
(BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663
Febriansyah, K. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kopi Studio 24
Malang. Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta., 28–29.
Ii, B. A. B., & Teori, L. (2017). Pemasaran Online. Darmajaya.Ac.Id, 2018, 10–27.
http://repo.darmajaya.ac.id/2977/3/3. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Akbar, I., Gunawan, W., & Maulana, Y. (2021, March). Analysis of The Effect of Service Quality and
Price Perception on Customer Loyalty with Customer Satisfaction Variables as intervening
variables. In Proceedings of the 1st Universitas Kuningan International Conference on Social
Science, Environment and Technology, UNiSET 2020, 12 December 2020, Kuningan, West Java,
Indonesia.
Inayati, T., Johan Efendi, M., Safika Dewi Fakultas Ekonomi, A., Manajemen, J., Mayjen Sungkono Jl
Irian Jaya No, U., & Mojokerto, K. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth,
dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal
Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(3), 202–209.
Maulana, Y., Komarudin, M. N., Gunawan, W. H., & Yusuf, A. A. (2022). the Influence of Fintech Digital
Payment and P2P Lending on Indonesia’S Economic Growth. International Journal of Economics,
Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(3), 2185-2195.
Minarti, M. S. (2020). Pengaruh gaya hidup, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan
pembelian pada toko online shopee. Jurnal Ilmiah Kohesi, Vol. 4(3), 210–217.
http://repository.upbatam.ac.id/217/1/cover s.d bab III.pdf
Mongisidi, S. J., Sepang, J., Djurwati Soepeno, Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh
Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike ( Studi Kasus Manado Town
Square ). Emba, 7(3), 2949–2958.
Nifita, A. T., Hasbullah, H., Rosyid, G. Y., & Siregar, A. P. (2022). Implementasi Digital Content
Marketing Sebagai A Mediasi Gaya Hidup Dalam Pembelian Batik Jambi. Internasional Penelitian
Ilmiah Dan Teknologi Volume, 11, 87–90.
Ramadhan Irianto, D. (2020). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli
Produk Mitra Bukalapak (Studi pada Konsumen Mitra Bukalapak di Kota Malang). Paper
Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.
Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Timur, J. (2022). Pengaruh Penilaian Produk, Promosi
dan Layanan COD (Bayar di Tempat) Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee
di Sidoarjo Mayangsari, Siti Aminah. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 498–
505. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.592
Sumaryadi Sabil*1, Muhammad Hidayat2, A. (2022). Analisis Pengaruh Konten Media Sosial dan
Inovasi Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Lifestyle Sebagai Variaberl Intervening
pada Aplikasi Shopee di kota Makassar. Nobel Management Review, 3(2017), 39–51.
Ul Huda, I., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle
Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi
Bisnis Dan Manajemen, 8(1).
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian
Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1),
12–26. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101
Robbith Adani. (2020). Sekawan media. Kenali Apa itu Marketplace beserta Jenis dan Contoh
Penerapannya.
Diakses dari https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-marketplace/
Sugiyono. (2020). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Badan Penerbit Alfabeta.
Published
2023-08-26
How to Cite
Iskandar, I., Faridatunnissa, D., & Wachjuni, W. (2023). Pengaruh Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Content Marketing Sebagai Variabel Intervening (Survei pada para pengguna TikTok yang berbelanja pada marketplace Shopee). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 620 - 630. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.492
Section
Articles