Pembelajaran Daring Universitas Panca Sakti Bekasi Berbasis Pendekatan Studi Kasus Di Era Digital Pada Siswa Mts Miftahul Amal Bekasi

  • Nadia Rista Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Desy Arigawaty Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Arie Widiyastuti Universitas Panca Sakti Bekasi
Keywords: pembelajarandaring, eradigital, pendekatanstudikasus

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pandangan kepada
komponen pendidikan dalam mengatur cara di era digital dengan
menggunakan teknologi yang terarah. Penelitian ini dilakukan pada siswa
kelas VIII MTs Miftahul Amal.
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif dengan Teknik observasi dan wawancara
yang menjadi data pokoknya yang dikumpulkan pada saat penelitian
berlangsung.
Temuan_ Hasil penelitian ini menujukan bahwa pembelajaran daring melalui
zoom meeting mengalami dampak positif dan dampak negative. Dampak
positifnya itu kita dituntut untuk menguasai teknologi digital. Tentu saja kita
perlu memikirkan penyesuaian yang terukur agar dapat tercapai sesuai yang
diharapkan. Lantas demikian juga banyak dampak negative yang dialami oleh
siswa ketika pembelajaran jarak jauh, seperti kendala akses internet karena
sinyal yang minimum, kendala dengan keterbatasan kuota internet, kendala
perangkat yang dimiliki oleh siswa itu sendiri dan masih banyak kendala jenis lainnya, sehingga menyebabkan siswa kurang semangat dalam belajar.
Implikasi_ Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran daring
mempunyai dampak yang besar bagi perkembangan seseorang dalam
proses berpikir dan merubah perilaku sehari-hari. Tentunya harus bisa
adaptasi secara keseluruhan dari mulai pembelajaran dikelas sampai dengan
pembelajaran jarak jauh lewat media pembelajaran seperti zoom meeting,
google classroom, google meet, whatsapp grup dan lain sebagainya. Hal itu
menuntut pada kemampuan menggunakan media tersebut dengan baik dan
bisa memberikan dampak positif bagi pembelajaran. Salah satu akses zoom
meeting yang menjadi penggunaan dalam pembelajaran daring memberikan
dampak yang positif dan dampak negative. Dampak positifnya itu kita dituntut untuk menguasai teknologi digital.
Originalitas_ Penelitian tentang Pembelajaran daring mempunyai peranan
yang sangat penting bagi buru dan peserta didik. Bagi guru, pembelajaran
daring merupakan suatu hal baru sebagai transformasi nilai digital dalam
perkembangan zaman sekarang ini.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di era Digital. IQ (Ilmu Al-quran): Jurnal; Pendidikan Islam, 2 (1), 117-129.
Ainun, Fadia., Puja & dkk. (2022). Identifikasi Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang dan Tantangan di Era Disrupsi. Vol. 6, No. 1, 1570-1580.
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran di Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1 (2), 308-318.
Dewi, T.A.P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1909-1917.
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Probelmatika Pendidikan di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1 (2), 144-155.
Martono, N. (2016). Metode Penelitian Sosial. Jakarta:Rajawali Pers.
Nurhayati, N., & Rosadi, K.I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 451-464.
Pohan, A.E. (2022). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobongan: CV Sarnu Untung.
Royyana, A. (2018). Strategi Transformasi Digital pada PT. Kimia Farma )Persero) Tbk. In Jurnal Sistem Informasi Kesehatan Masyarakat Journal of Information Systems for Public Healt (Vol. 3, Issue 3).
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 163-173.
Syakur Wildan & Husni Idris. (2023). Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Studi Kasus di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol. 5, Nomor 1, 198-205.
Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara. 03 (02), 339-356.
Yuliani, M., & dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan (Teori & Penerapan). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Mengenal Transformasi Digital dan Pengertiannya Menurut Para Ahli. Accessed July 13, 2023. https://www.teknovidia.com/transformasi-digital-menurut-para-ahli/
6 Manfaat Transformasi Digital Untuk Perusahaan Anda - Indonesian Cloud. Accessed July 13, 2023. https://indonesiancloud.com/6-manfaat-transformasi-digital-untuk-perusahaan-anda/ TRANSFORMASI DIGITAL – Accounting. Accessed July 13, 2023. https://accounting.binus.ac.id/2020/12/17/transformasi-digital/
Published
2023-08-26
How to Cite
Rista, N., Arigawaty, D., & Widiyastuti, A. (2023). Pembelajaran Daring Universitas Panca Sakti Bekasi Berbasis Pendekatan Studi Kasus Di Era Digital Pada Siswa Mts Miftahul Amal Bekasi. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 652 - 657. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.495
Section
Articles