Pengaruh Budaya Organisasi Berbasis Digital Dan Motivasi Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Guru
Abstract
Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap Budaya Organisasi (X1)
dan Motivasi Kerja (X2) terhadap Efektivitas kerja Guru (Y).
Desain/Metode_ Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel
penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel
penelitian ini adalah seluruh guru yang mengisi instrumen sebanyak 184 guru dari 253 guru Madrasah Tsanawiyah Negeri Rayon 05 Jakarta Timur sebagai populasi. Pengambilan data menggunakan instrumen yang valid dan reliabel. Analisis data menggunakan regresi sederhana. hasil penelitian mengungkapkan: 1) Persamaan regresi linear ganda Ȳ = 56.618 + 0.148 X1 + 0.113 X2. 2).
Temuan_ Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan
kontingensi dan budaya organisasi melalui motivasi kerja secara empirik
sebenarnya memberikan kontribusi terhadap efektivitas organisasi pada
sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Bandung, baik secara simultan maupun parsial, namun karena
belum dilaksanakan dengan baik, maka menjadikan efektivitas organisasi
masih rendah. Hal ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kontingensi
dan budaya organisasi melalui motivasi kerja perlu segera dilaksanakan
dengan baik untuk meningkatkan efektivitaas organisasi pada sekolah dasar
negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
Bandung.
Implikasi_ Hasil penelitian ini menujukan bahwa Budaya Organisasi
berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja guru; 3) motivasi kerja guru
berpengaruh positif terhadap Efektifitas Kerja Guru 4) Terdapat pengaruh
secara bersama-sama (simultan) Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja
Guru terhadap Efektivitas Kerja Guru, 5) Koefisien determinasi Pengaruh
Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap
Efektivitas Kerja Guru sebesar 6,8%.
Originalitas_ Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian.
Tipe Penelitian_Studi Empiris
References
Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rieka Cipta.
Davis, Keith dan J. W. Newstrom. 2003. Perilaku dalam Administrasi. Erlangga : Jakarta, h. 58-59.
Triguno, 2004. Budaya Kerja : Menciptakan Lingkungan Yang Kondusive Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, Ed 6, Jakarta : PT. Golden Terayon Press. h. 6.
West, M.A., 2000. Mengembangkan Kreativitas Dalam Organisasi, Ed 1, Yogjakarta: Kanisius. h. 128.
Osborn, D dan Peter P, 2000, Memangkas Birokrasi, Ed Revisi, Jakarta. PPM. h. 252.
Sofo, F, 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ed 1, Surabaya : Airlangga University Press. h. 382.
Koentjaraningrat. 2001. Pengantar Antropologi. Rineka Cipta : Jakarta, h. 72.
Danim, Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajaran. Bumi Aksara : Jakarta, h. 148.
Robbins, SP. 2002. Perilaku Organisasi : Konsep Kontroversi, Aplikasi. Ed Indonesia, Jakarta, PT. Prenhallindo. h. 172.
Schein, Edgar H. 2004. Organizational Culture and Leadership, 3th Edition, John Willey & Son, Inc, h. 42.
Waren B. Brown dan Denis J. Moberg. 2000. Organization Theory and Mangement: A Macro Approach. John Wiley & Sons. : New York, h. 6.