Dampak Digitalisasi Ekonomi terhadap Gaya Hidup Generasi Z dan Milenial (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi)

  • Ismeirita Ismeirita Universitas Panca Sakti Bekasi
Keywords: digitalisasiekonomi, gayahidup, generasiz, milenial

Abstract

Tujuan_Tujuan penelitian untuk menjelaskan pengaruh digitalisasi ekonomi
terhadap gaya hidup generasi Z dan generasi milenial.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
yang bersumber dari buku dan jurnal yang terkait dengan topik penelitian.
Analisis data menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa digitalisasi ekonomi memiliki pengaruh terhadap gaya hidup generasi
Z dan milenial.
Temuan_Dengan adanya digitalisasi ekonomi telah merubah prilaku
konsumtif dikalangan generasi muda ini. Akses akan aktivitas ekonomi yang
diberikan sangat efektif, mudah, dan cepat dengan hanya memanfaatkan
teknologi yang dimiliki. Dan ini menjadi ajang untuk menjapai tren yang
sedang berlaku yang secara tidak langsung telah menjadi gaya hidup bagi
genarasi Z dan milenial.
Implikasi_Perilaku konsumtif ini tentu perlu dibatasi sehingga dibutuhkan
peran dunia pendidikan, terkhusus perguruan tinggi harus terus mendorong
mahasiswa untuk mengelola keuangannya dan memberikan pemahaman
literasi keuangan yang baik, dan mahasiswa perlu menyadari pentingnya
memahami perilaku keuangan dalam kehidupan mereka. Bisa dimulai
dengan memberikan pengetahuan akan literasi keuangan seperti
mengalokasikan uang berupa investasi, asuransi, tabungan, investasi, dan
lainnya untuk merasakan manfaatnya di masa depan.
Tipe Penelitian_Studi Literatur

References

Afriyani, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Universitas Binawan. https://repository.binawan.ac.id/1860/1/MANAJEMEN-2022-SANTI AFRIYANI.pdf
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Pada Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02), 92–101.
Baudrillard, J. P. (2004). Masyarakat Konsumsi. Kreasi Wacana.
Carin, A. A., Sund, R. ., & Lahkar, B. K. (2018). GAYA HIDUP SHOPAHOLIC SEBAGAI BENTUK PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar) SHOPAHOLIC. Journal of Controlled Release, 11(2), 430–439.
Don Tapscott. (1995). The Digital Economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelliegence.
Emi Suwarmi, Kristina Sedyastuti, dan A. Haidar Mirza, “Peluang Dan Hambatan Pengembangan Usaha Mikro Pada Era Ekonomi Digital,” Ikraith Ekonomika Vol 2 No 2 (Juli 2019): 32.
Hartatin, D. (2016). The effect of value and reference group on young consumer’s hedonic buying. Journal of Consumer Science, 1(1), 33–46.
Kompas. (2023). Jangan tertukar ini pengertian generasi X,Z, Milenial dan Baby Boomers https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/17/130000069/jangan-tertukar-ini-pengertian-generasi-x-z-milenial-dan-baby-boomers. Diakses pada 7 Juli 2023
Kumala, I., & Mutia, I. (2020). Pemanfaatan Aplikasi DOMPET Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa. Seminar Nasional Riset Dan Teknologi (SEMNAS RISTEK), 64–69.
Kusnandar, D. L., & Kurniawan, D. (2020). Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Ibu Rumah Tangga Dalam Membentuk Perilaku Keuangan Di Tasikmalaya. Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 123–143. https://doi.org/10.35448/jmb.v13i1.7920
Latifah, E. (2019). Perkembangan Ekonomi Digital di. Jurnal Ekonomi Digital, 3(2), 21–27.
Listiyani, E., Aziz, A., & Wahyudi, W. (2021). Analisis Perilaku Keuangan Generasi Milenial di PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia 1. Konferensi Riset Nasional …, 2(1), 28–44. https://conference.upnvj.ac.id
Maharani, S., & Ulum, M. (2019). Ekonomi Digital: Peluang dan Tantangan Masa Depan terhadap Ekonomi Syariah di Indonesia. In Conference on Islamic Studies (CoIS ).
Maria, N. S. B., & Widayati, T. (2020). Dampak Perkembangan Ekonomi Digital terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial dalam Melakukan Transaksi Ekonomi. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 234–239. https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i2.3801
Merdeka.com. (2021). Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Diketahui. Merdeka.Com.https://www.merdeka.com/jateng/perbedaan-data-primer-dan-sekunder-daslam-penelitian-ketahui-karakteristiknya-kln.html#google_vignette. Diakses pada 8 Juli 2023
OJK. (2022). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022. Ojk.Go.Id. (https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/siaran-pers/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx. Diakses pada 5 Juni 2023).
OJK. (2023). Mengapa Gen z dan generasi milenial cendrung lebih suka berutang?. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40800. Diakses pada Juni 2023
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110.
Puryasari, R. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stkip Pgri Tulungagung. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.30599/utility.v3i1.520
Prastyaningtyas, E. W. (2019). Dampak Ekonomi Digital Bagi Perekonomian Indonesia. Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (SENMEA), IV.
Radhi, F. (2010). Pengembangan Appropriate Technology Sebagai Upaya Membangun Perekonomian Indonesia Secara Mandiri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 15(1), 5885.
Saputra, T. R. (2017). “Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonisme Dengan Kecenderungan Impulse Buying Terhadap Trend Fashion Pada Remaja Kota.” Вестник Росздравнадзора, 4, 21. http://digilib.uinsby.ac.id/15336/
Sari, S. R., Andriani, S., Reno, P., & Sari, K. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Wanita Di Sumbawa Besar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 05(02), 33–37. http://www.jurnal.uts.ac.id
Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 109–112.
Published
2023-08-26
How to Cite
Ismeirita, I. (2023). Dampak Digitalisasi Ekonomi terhadap Gaya Hidup Generasi Z dan Milenial (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Panca Sakti Bekasi). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 675 - 681. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.498
Section
Articles