Analisis Model Bisnis Online di Kota Bandung Menggunakan Porter Five’s Force
Abstract
Tujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan strategi, agar bisnis
online khususnya kebutuhan pokok dapat bertahan dan bersaing.
Desain/Metode_Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan
objek bisnis online khususnya barang kebutuhan pokok yang ada di kota
Bandung dan indikator yang digunakan adalah lima kekuatan porter. Metode
penggumpulan data terdiri dari wawancara dan observasi. Data diuji dengan
uji triangulasi. Peneliti melakukan triangulasi sumber dengan melakukan
wawancara dengan berbagai sumber. Informasi yang dikumpulkan secara
langsung oleh peneliti yaitu, melalui studi lapangan yang dibandingkan
dengan informasi yang dikumpulkan langsung.
Temuan_Dari hasil penelitian didapatkan, behwa tingkat competitor sangat
tinggi,daya tawar menawar pemasok dan pembeli rendah, dan tingkat
ancaman produk pengganti juga cukup rendah.
Implikasi_Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan harus
mengembangkan strategi dalam hal promosi untuk meningkatkan penjualan,
dan membangun loyalitas konsumen. Selain itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi alternatif yang
dapat dikembangkan adalah mengintensifkan promosi, dan menggunakan
banyak media online atau marketplace. Sehingga pemilik bisnis online ini pun mampu mengetahu posisi persaingan serta meningkatkan kompetitif demi memenangkan pasar.
Tipe Penelitian_Studi Empiris
References
Kusumah, J. R. (2020). BUSINESS DIFFERENTIATION STRATEGY OF ANTIMICROBIAL PRODUCTS IN
THE COVID-19 PANDEMIC. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 1(3), 444-454.
Wardhana, A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (Vol. 4).
Boone, L. E., & Kurtz, D. L. (2007). Pengantar bisnis kontemporer. Edisi Sebelas, Jakarta: Salemba Empat.
Aditi, B., & Pentana, S. (2018). Analysis of influence of Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) Development as a Competitive Advantage to creative economic development. Academic journal of economic studies, 4(3), 122-132.
Tim, P. P. M. (2012). Manajemen. Business Model Canvas, Jakarta: PPM.
Hintoro, S., & Wijaya, A. F. (2021). Analisis Strategi Bersaing Pada Biznet Branch Salatiga Menggunakan Porter’S Five Forces. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(6), 729-738.