Studi tentang Pengaruh Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM)

  • Yana Sonjaya Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti
  • Nur Ahmad Ruyani Akademi Sekretari dan Manajemen Ariyanti
Keywords: inovasi, kepuasanpelanggan, loyalitaspelanggan

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak faktor-faktor inovasi terhadap peningkatan loyalitas pelanggan di Eiger Coffee Bandung. Sampel penelitian diambil dari pelanggan Eiger Coffee. Faktor inovasi yang dipertimbangkan adalah keunggulan relatif (relative advantage) dankesesuaian (compatibility) dalam empat area, yaitu produk, layanan, teknologi, dan pemasaran.
Desain/Metode_ Penelitian ini menggunakan metode penelitian explanatory survey, dan untuk menguji hipotesis penelitian ini akan dianalisis menggunakan model persamaan struktural (Structural Equation Model, SEM).
Temuan_ Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor inovasi, yaitu
keunggulan relatif dan kesesuaian, tidak memiliki pengaruh langsung yang
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Namun, kedua faktor inovasi ini tetap memiliki pengaruh total yang signifikan melalui pengaruhnya terhadap
sejumlah variabel pendahulu loyalitas pelanggan, seperti ekspektasi
pelanggan, kualitas yang dirasakan, citra kafe itu sendiri, dan kepercayaan
pelanggan.
Implikasi_ Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa keunggulan relatif
dan kesesuaian, bersama dengan komitmen pelanggan dan kepuasan
pelanggan, adalah empat faktor utama yang memiliki pengaruh signifikan
terhadap loyalitas pelanggan di Eiger Coffee Bandung. Oleh karena itu, objek
penelitian perlu memperhitungkan faktor-faktor inovasi (keunggulan relatif
dan kesesuaian) dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan mereka,
yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai kafe (value) secara
keseluruhan.
Originalitas_ Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian
Tipe Penelitian_Studi Empiris

References

Alma, Buchari. 2014. Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Asgher, M. U. 2018. Service Innovation and Service Innovation Performance: A Study of Banking Services. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences, 12 (2), 670-694.
Barrett, M., Davidson, E., Prabhu, J., & Vargo, S. L. 2015. Service Innovation in the Digital Age: Key Contributions and Future Directions. MIS Quarterly, 39(1), 135-154. doi: 10.25300/misq/2015/39:1.03.
Barkelay dan Saylor. 2014. Kepuasan Pelanggan Jilid I, alih bahasaYuliarmi dan Riyasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Casidy, R., Nyadzayo, M., & Mohan, M. 2019. Service innovation and adoption in industrial markets: An SME perspective. Industrial Marketing Management. doi: 10.1016/j.indmarman.2019.06.008.
Eboli, Laura & Mazzulla, Gabriella. 2009. A New Customer Satisfaction Index for Evaluating Transit Service Quality. Journal of Public Transportation, Vol. 12, No. 3.
Ghozali, Imam dan Latan, Hengky. 2015. Partial Least Squares. Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Untuk Penelitian Empiris. Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Lichtlé, Marie-Christine & Plichon, Véronique. 2008. Understanding Better Consumer Loyalty. Recherche et Applications en Marketing, Vol. 23, No. 4.
Lupiyoadi. 2015. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.
Sabran, Bob. 2016. Kualitas Konsumen dan Harga. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Souto, Jaime E. 2015. Business model innovation and business concept innovation as the context of incremental innovation and radical innovation, Tourism Management, Volume 51, 2015, Pages 142-155, ISSN 0261-5177, https://doi.org/10.1016/j.tourman.2015.05.017.
Robertson, Thomas S. (1967). The Process of Innovation and the Diffusion of Innovation. The Journal of Marketing, Vol. 31, No. 1.
Rogers, Mark. 1998. The Definition and Measurement of Innovation. Melbourne Institute Working Paper, No. 10.
Xu, J., Shang, Y., Yu, W., Liu, F. 2019. Intellectual Capital, Technological Innovation and Firm Performance: Evidence from China’s Manufacturing Sector. Sustainability, 11, 9, 2019, pp. 1-16.
Yamin, Sofyan dan Kurniawan, Heri. (2009). Structural Equation Modeling: Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner dengan Lisrel – PLS. Jakarta: Salemba Infotek.
Published
2023-08-26
How to Cite
Sonjaya, Y., & Ruyani, N. (2023). Studi tentang Pengaruh Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (6), 703 - 709. https://doi.org/10.55916/frima.v0i6.503
Section
Articles