Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online
Abstract
Tujuan_ Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki pengaruh
kepercayaan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian online
produk Shopee pada mahasiswa ASM Ariyanti. Metode analisis yang
digunakan adalah regresi linear berganda dan data diolah menggunakan
perangkat lunak SPSS dengan jumlah sampel sebanyak 97 mahasiswa dari
ASM Ariyanti.
Desain/Metode_ Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang
mengumpulkan data dalam bentuk angka-angka dan kemudian dianalisis
menggunakan metode statistik (Sugiyono, 2018).
Temuan_ Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, variabel
kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian online, yang ditunjukkan oleh nilai t-hitung sebesar 3,692 yang
melebihi nilai t-tabel 1,661, serta nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000
> 0,05. Demikian pula, variabel kualitas produk juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online dengan nilai t-hitung sebesar 4,682 yang lebih besar dari nilai t-tabel 1,661, dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Implikasi_ Secara bersama-sama, variabel kepercayaan dan kualitas produk
juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
online, yang ditunjukkan oleh nilai f-hitung sebesar 96,507 yang melebihi nilai f-tabel 3,09, serta nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 66,6% dari pengaruh terhadap variabel dependen dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini, sedangkan 33,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Originalitas_ Mengidentifikasi data-data yang ditemukan untuk kemudian
dijadikan informasi dalam penelitian
Tipe Penelitian_Studi Empiris
References
Aprillia. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online pada Mahasiswa Yogyakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Assauri, D. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Disa, S. M. (2017). Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan terhadap Niat Pembelian Konsumen di Portal E-Commerce Zalora.co.id. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ikranegara, D. P. (2017). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online dan Pengalaman Pembelian terhadap Minat Beli secara Online (Studi Kasus pada Toko Online Bukalapak). Skripsi Fakultas Eknomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kotler, P. & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2015). Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Mulyadi, A, Eka, D. & Nailis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian di Toko Online Lazada. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan.
Peter, P. J. & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran 2. Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.
Sangadji, E. M. & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Sarjono, H. & Juliantini, W. (2011). SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. (2009). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Thidi Design. (2023). Sejarah Shopee, diambil dari situs https://thidiweb.com/sejarah-shopee/, diakses Juli 2023)
Tjiptono, F. (2018). Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.