Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Pada CV. Optikal Raya

  • Taufik Purnama Hidayat Universitas Teknologi Digital
  • Aceng Kurniawan Universitas Teknologi Digital
Keywords: Penyusunan Laporan Keuangan, SAK EMKM, UMKM

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk laporan keuangan yang disajikan oleh CV.Optikal Raya, bagaimana penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dan bentuk laporan keuangan CV Optikal Raya setelah menerapkan SAK EMKM. Serta, melakukan perbandingan laporan keuangan CV Optikal Raya sebelum dan sesudah diterapkannya SAK EMKM.
Desain/Metode_Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan karakteristik masalah yang di angkat oleh peneliti, maka penelitian ini diklarifikasikan sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Temuan_Hasil penelitian menunjukan bahwa CV Optikal Raya belum menerapkan SAK EMKM. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penyusunan laporan keuangan pada CV Optikal Raya dengan menerapkan standar yang berlaku yakni Standar Akuntansi Keuangan EMKM.
Implikasi_Penelitian ini diharapkan dapat Meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya memahami dan menerapkan SAK EMKM, membantu pelaku UMKM untuk melakukan perbaikan terkait penyusunan laporan keuangan, dan laporan keuangan yang disusun oleh pelaku UMKM dapat menjadi lebih transparan dan dapat diandalkan. Penelitian ini dilakukan pada CV Optikal Raya dengan melakukan analisis penerapan SAK EMKM pada penyusunan laporan keuangan untuk melihat sejauh mana pemahaman CV Optikal Raya mengenai penerapan SAK EMKM.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Hidayat, T., & Kurniawan, A. (2024). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Pada CV. Optikal Raya. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1-12. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.513