Pengaruh Beban Pajak Kini dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Jasa Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022

  • Syifa Nurazizah Pebrianti Universitas Teknologi Digital
  • Vino Febryanto Universitas Teknologi Digital
Keywords: Beban Pajak Kini, Beban Pajak Tangguhan, Manajemen Laba

Abstract

Tujuan_ Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana beban pajak kini dan beban pajak tangguhan berdampak pada strategi manajemen laba perusahaan jasa perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022.
Metode Penelitian_ Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan audited dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 47 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel systematic random sampling sehingga menghasilkan sampel sebanyak 14 perusahaan. Analisis data yang digunakan menggunakan IBM SPSS Statistics versi 26 dengan uji regresi linier berganda.
Temuan_ Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa beban pajak kini secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap manajemen laba dengan signifikansi yang lemah. Sementara itu, beban pajak tangguhan secara parsial memiliki pengaruh negatif terhadap manajemen laba dengan signifikansi yang lemah. Ketika beban pajak kini dan beban pajak tangguhan bersama-sama ditemukan bahwa keduanya memiliki pengaruh positif terhadap manajemen laba. Namun, pengaruh tersebut kurang signifikan. Seluruh hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan antara beban pajak kini dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba dengan signifikansi yang dianggap tidak cukup kuat.
Implikasi_ Implikasi dari penelitian ini diharapkan agar perusahaan dapat mempertimbangkan tindakan yang dilakukan oleh manajemen dalam mengendalikan laba perusahaan dan berupaya mengoptimalkan kewajiban perpajakannya tanpa menyalahi aturan yang berlaku.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Pebrianti, S., & Febryanto, V. (2024). Pengaruh Beban Pajak Kini dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Jasa Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2022. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 13-21. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.514