Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022

  • Eros Rosdiana
  • Vino Febryanto Universitas Teknologi Digital
Keywords: Farmasi, Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Kinerja Keuangan

Abstract

Tujuan_ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2018-2022.
Metode Penelitian_ Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, memanfaatkan analisis statistik dan data sekunder berupa laporan keuangan dari perusahaan farmasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2018 hingga 2022. Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini,artinya sampel dipilih sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Sampel, yang termasuk perusahaan farmasi yang terdaftar antara 2018 dan 2022 di Bursa Efek Indonesia, termasuk data komprehensif tentang laporan keuangan, perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, dan kinerja keuangan selama penelitian.
Temuan_ Temuan penelitian menunjukkan bahwa, baik sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 berakhir, tidak ada perubahan yang cukup besar dalam perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, atau kinerja keuangan perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun penelitian 2018-2022. Ada tahun-tahun ketika perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, dan kinerja keuangan meningkat tetapi menurun pada tahun berikutnya di perusahaan farmasi tertentu.
Serta perencanaan pajak tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan, beban pajak tangguhan juga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan serta perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.
Implikasi Hasil_ Temuan penelitian ini memiliki implikasi bagi perusahaan farmasi, yang seharusnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas mereka dalam manajemen biaya untuk menarik investor; mengontrol pendapatan mereka untuk melunasi hutang; dan ekonomis dan efisien dalam penggunaan biaya.
Originalitas_ Penelitian ini belum pernah dilakukan sebelumnya.

Published
2024-07-30
How to Cite
Rosdiana, E., & Febryanto, V. (2024). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI Periode 2018-2022. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 29-38. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.516