Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Dengan Di Moderasi Oleh Kesulitan Keuangan (Financial Distress)

  • Riski Rilda Supriyanti Universitas Teknologi Digital
  • Tuti Herawati Universitas Teknologi Digital
  • Rudiana . Politeknik Praktisi Bisnis Digital
Keywords: Penghindaran Pajak, Tata Kelola Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, Kesulitan Keuangan

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan (kepemilikan manajerial) terhadap penghindaran pajak (tax avoidance) dengan di moderasi oleh kesulitan keuangan (financial distress).
Desain/Metode_ Sampel pada penelitian ini terdiri dari 44 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2022, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Temuan_ Hasil dari berbagai pengujian penelitian ini adalah Kepemilikan Manajerial berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak (tax avoidance). Kesulitan keuangan (financial distress) menjadi prediktor moderasi pada hubungan antara pengaruh kepemilikan manajerial terhadap penghindaran pajak (tax avoidance).
Implikasi_ Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian pengetahuan, sebagai acuan untuk diterapkan sebaik-baiknya dalam segala hal terlebih dalam meningkatkan ilmu pengetahuan serta metode pembelajaran tentang penghindaran pajak.
Originalitas_ Penelitian ini berkontribusi pada literatur sebelumnya yang menguji pengaruh kepemilikan manajerial terhadap penghindaran pajak serta menyimpulkan temuan bahwa kesulitan keuangan akan memperlemah hubungan kepemilikan manajerial terhadap penghindaran pajak (tax avoidance).
Tipe Penelitian_ Studi Literatur yang dilakukan sebagai Tipe penelitian.

Published
2024-07-30
How to Cite
Supriyanti, R., Herawati, T., & ., R. (2024). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Dengan Di Moderasi Oleh Kesulitan Keuangan (Financial Distress). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 39-49. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.517