Indeks Kepuasan Pelayanan Institusional Pelatihan Kerja Provinsi Jawa Timur

  • Nanik Tri Yuliati Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)

Abstract

Tujuan_Untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pelatihan institusional pada 15 UPT Pelatihan Kerja di Provinsi Jawa Timur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan sekaligus sebagai wahana menyerap aspirasi masyarakat baik berupa saran, harapan, sekaligus keluhan terhadap pelayanan yang telah diberikan selama ini untuk dijadikan pedoman kebijakan, program dan strategi guna peningkatan pelayanan.

Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan design studi kasus pada 15 UPT Pelatihan Kerja Provinsi Jawa Timur. Teknik pengumpulan data melalui Survei dengan pengisian kuisioner dan wawancara responden.Sampel dalam penelitian ini adalah pengguna layanan pelatihan institusional pada 15 UPT Pelatihan Kerja di Provinsi Jawa Timur pada periode bulan Oktober-Desember 2018. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif berdasarkan pada Permenpan no 14 Tahun 2017.

Temuan_Diketahui bahwa dari 15 UPT Pelatihan Kerja berada pada interval IKM konversi 76.61-88,30 dimana pada interval ini dikategorikan mutu pelayanan “Baik (B)”. Terlihat bahwa seluruh UPT Pelatihan Kerja di Provinsi Jawa Timur pada layanan pelatihan institusional memiliki mutu pelayanan yang baik. UPT Pelatihan Kerja Pasuruan merupakan UPT Pelatihan Kerja yang memiliki Nilai IKM tertingi yaitu sebesar 83,76. Dan UPT Pelatihan Kerja yang memiliki nilai IKM terendah dalah UPT Pelatihan Kerja Ponorogo yaitu sebesar 79,41.

Implikasi_Untuk bisa mewujudkan pelaksanaan pelayanan prima diperlukan komitmen untuk melaksanakan transparansi dan akuntabilitas, baik oleh pengambilan keputusan, pimpinan unit pelaksana dan pelaksana pelayanan publik, untuk selalu berupaya memberikan pelayanan secara cepat, tepat, terbuka, sederhana, dan mudah dilaksanakan serta tidak diskriminatif. Di sisi lain pengguna layanan (masyarakat) diharapkan ikut berperan aktif dalam mengikuti perkembangan digital terkait dunia pekerjaan dan lebih sering memantau website ataupun penyebaran informasi yang telah disediakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur.

Originalitas_Ini merupakan studi untuk mengevaluasi kebijakan berdasarkan persepsi pengguna.

Jenis Penelitian_Studi Empiris

Published
2019-03-30
How to Cite
Yuliati, N. (2019). Indeks Kepuasan Pelayanan Institusional Pelatihan Kerja Provinsi Jawa Timur. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 342 - 348. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.52
Section
Articles