Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Pada Suatu Partai Politik (Study Kasus Psi Kabupaten Garut)

  • Ita Suryanita Supyan Universitas Teknologi Digital
  • Yulianti Maulidiya Universitas Teknologi Digital
Keywords: Akuntabilitas, Transparansi , Partai Politik

Abstract

Tujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan keuangan partai di Sekretariat PSI Kabupaten Garut, untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan di Sekretariat PSI kabupaten Garut, untuk mengetahui apakah pengelolaan keuangan di sekretariat PSI Kabupaten Garut sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi.
Desain/Metode_Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisa data melalui wawancara, observasi kemudian di komparasikan kedalam bentuk narasi berdasarkan gabungan dengan teori-teori yang relevan terkait masalah yang sedang diteliti.
Temuan_Temuan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah laporan pertanggungjawaban Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Garut belum dapat diakses oleh publik karena hanya dapat dilihat pada saat datang langsung ke kantor sekretariat.
Implikasi_Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan keuangan di Sekretariat PSI Kabupaten Garut sudah mengikuti standar akuntansi yang berlaku umum, mulai dari pendataan dan pencatatan hingga pelaporan, Ketua Sekretariat bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan keuangan partai, Sekretariat PSI Kabupaten Garut sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan partainya, namun belum memenuhi prinsip transparansi.
Originalitas_ penelitian ini adalah berfokus pada pengelolaan keuangan partai politik khususnya di Sekretariat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Garut.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Supyan, I., & Maulidiya, Y. (2024). Penerapan Prinsip Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Pada Suatu Partai Politik (Study Kasus Psi Kabupaten Garut). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 87-93. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.522