Analisis Kontribusi Dan Efektivitas Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kota Bandung Periode Tahun 2018-2022

  • Rindy Cahyani Hasanah Universitas Teknologi Digital
  • Cepi Saepuloh Universitas Teknologi Digital
Keywords: Pajak Reklame, Kontribusi, Efektivitas, PAD

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi pajak reklame dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung serta bagaimana tingkat efektivitas pajak reklame Kota Bandung selama periode tahun 2018-2022.
Desain/Metode_Yang digunakan yaitu metode deskriptifkualitatif dengan menganalisis data sekunder yang bersumber dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA) Kota Bandung tahun 2018-2022 dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bandung.
Temuan_Temuan dalam penelitian ini adalah kurangnya kesadaran dari para penyelenggara reklame dalam memenuhi kewajiban pajaknya dikarenakan masih banyaknya pelanggaran reklame yang tidak membayar pajak ini sehingga berdampak pada intensitas PAD Kota Bandung di mana terjadi loss potensi pajak dari sumber pajak reklame.
Implikasi_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak reklame di Kota Bandung periode tahun 2018-2022 memberikan kontribusi dengan rata- rata sebesar 10,76% yang artinya kontribusi pajak reklame terhadap PAD Kota Bandung termasuk dalam kriteria kurang. Walaupun kontribusi pajak reklame kurang tetapi dapat mempengaruhi PAD Kota Bandung. Adapun tingkat efektivitas pajak reklame Kota Bandung yang telah dihitung dari tahun 2018 sampai dengan 2022 memiliki rasio efektivitas sebesar 123,50% yang termasuk ke dalam kriteria sangat efektif. Dapat dikatakan sudah sangat efektif karena realisasi penerimaan pajak reklame sudah melebihi target penerimaan pajak
reklame.
Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2024-07-30
How to Cite
Hasanah, R., & Saepuloh, C. (2024). Analisis Kontribusi Dan Efektivitas Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kota Bandung Periode Tahun 2018-2022. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 122-129. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.525