Pengaruh E-Commerce Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Daerah Jelekong Tahun 2023

  • Hafiyanti Khanifihay Universitas Teknologi Digital
  • Neng Tika Septika Universitas Teknologi Digital
Keywords: E-Commerce, Pengelolaan Keuangan, Peningkatan Pendapatan, UMKM

Abstract

Kelurahan Jelekong merupakan daerah pedesaan yang mempunyai potensi besar untuk pengembangan UMKM. Namun, tantangan yang dihadapi UMKM seringkali menghambat pertumbuhan pendapatan. Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran e-commerce dalam mendukung pertumbuhan UMKM, maka penting untuk melakukan kajian mengenai dampak e
commerce dan pengelolaan keuangan terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM di Wilayah Jelekong.
Tujuan_Pada penelitian ini penulis meneliti seberapa berpengaruh nya penggunaan e-commerce dan pengelolaan keuangan terhadap peningkatan pendapatan dan bertujuan untuk mencari seberapa berpengaruh nya penggunaan e-commerce dan pengelolaan keuangan baik secara satu persatu maupun bersama-sama terhadap peningkatan pendapatan.
Desain/Metode_Penelitian ini penulis menggunakan metode Kuantitatif deskriptif, yang dimana data yang didapat oleh penulis merupakan data primer (yaitu data yang bersumber dari hasil kuesioner) penulis juga mendapatkan data sekunder (yang berasal dari Kelurahan setempat) untuk mengetahui jumlah UMKM dan profil Kelurahan. Penulis mengolah hasil data yang didapat dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 2020, yang dimana hasil responden yang didapat berjumlah 60 responden yang berada di daerah Jelekong.
Temuan_Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh X1 (e-commerce) terhadap Y (peningkatan pendapatan) berpengaruh signifikan hal ini dibuktikan dengan hasil yang didapat yaitu hasil pearson corelation sebesar 0,739 dan untuk pengaruh X2 (pengelolaan keuangan) terhadap Y (peningkatan pendapatan) berpengaruh signifikan juga didapat berdasarkan hasil pearson corelation yaitu sebesar 0,834. Dan untuk pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y berpengaruh signifikan hal ini dibuktikan berdasarkan hasil dari Rsquare sebesar 0,753 (75,3%) dan selisih nya yaitu sebesar 24,7% (hasil dari 100% - 75,3%) peningkatan pendapatan di pengaruhi oleh faktor lain.
Implikasi_Maka hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa baik penggunaan e-commerce maupun pengelolaan keuangan di aplikasikan secara satu peersatu maupun secara bersama-sama berpenaruh secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM di daerah Jelekong pada tahun 2023.
Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2024-08-08
How to Cite
Khanifihay, H., & Septika, N. (2024). Pengaruh E-Commerce Dan Pengelolaan Keuangan Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Di Daerah Jelekong Tahun 2023. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 169-188. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.531