Analisis Sistem Pengendalian Internal Berbasis Coso Di Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Muhammadiyah Jawa Barat)

  • Rima Dinwiati Hamidah Universitas Teknologi Digital
  • Heriyanto . Universitas Teknologi Digital
Keywords: Pengendalian Internal, COSO, Pengelolaan Zakat

Abstract

Peningkatan kesejahteraan umum merupakan salah satu tujuan nasional yang tertuang dalam UUD 1945. Untuk mewujudkan hal tersebut, bangsa Indonesia harus mengembangkan bidang keagamaan, termasuk menumbuhkan suasana keagamaan yang penuh keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan akhlak mulia, dan mewujudkan kerukunan antar umat beragama sebagai landasan persatuan bangsa. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai upaya, termasuk eksplorasi dan pemanfaatan tenaga melalui zakat. Maka dari itu pengendalian internal terhadap Lembaga zakat harus diperhatikan supaya dana dapat disalurkan denga naman dan kepercayaan masyarakat dapat meningkat.
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponen sistem pengendalian internal berbasis COSO pada Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah Jawa Barat. Manfaat penelitian ini bagi praktisi adalah sebagai bahan masukan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan untuk mencapai kemajuan di masa yang akan datang.
Desain/Metode_MetodeJenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, atau penelitian lapangan. Metode penelitian yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Temuan_Berdasarkan temuan yang diperoleh, terlihat bahwa LAZISMU Jawa Barat telah berhasil menerapkan sistem pengendalian internal berbasis COSO. Hal ini mencakup lingkungan pengendalian, penilaian dan respons terhadap risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan.
Implikasi_Kajian tersebut juga menunjukkan bahwa system pengendalian internal LAZISMU Jawa Barat memerlukan perbaikan atau penambahan system informasi yang tepat guna dan teknologi baru.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Hamidah, R., & ., H. (2024). Analisis Sistem Pengendalian Internal Berbasis Coso Di Lembaga Amil Zakat (Studi Kasus Lembaga Amil Zakat, Infaq, Dan Shadaqah Muhammadiyah Jawa Barat). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 215-222. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.534