Penerapan Akuntansi Ditinjau Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada UMKM Kedai Kopi Teras Aslan)

  • Alya Putri Agustina Universitas Teknologi Digital
  • Tuti Herawati Universitas Teknologi Digital
Keywords: SAK EMKM, UMKM, Laporan Keuangan, Penerapan

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Banjaran dan sekitarnya khususnya pada UMKM Kedai Kopi Teras Aslan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM).
Temuan_UMKM merupakan sektor yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi signifikan terhadap penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.
Implikasi_Meskipun demikian, banyak UMKM yang belum menerapkan praktik akuntansi yang memadai sesuai dengan standar yang berlaku, yang dapat menghambat pertumbuhan dan akses mereka ke pembiayaan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2024-07-30
How to Cite
Agustina, A., & Herawati, T. (2024). Penerapan Akuntansi Ditinjau Dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada UMKM Kedai Kopi Teras Aslan). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 223-231. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.535