Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat

  • Rano Kurnia Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Abstract

Tujuan_Penelitian ini menganalisis tingkat kepatuhan wajib pajak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepatuhan wajib pajak di Kecamatan Gununghalu masih kurang optimal, dengan target penerimaan PAD yang belum tercapai. Faktor faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak meliputi tingkat kesadaran dan pemahaman, persepsi keadilan dan transparansi, penghargaan dan insentif, keterlibatan masyarakat, serta
pengawasan dan penegakan hukum.
Implikasi_Penelitian ini memberikan saran untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak, seperti meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana PAD, mempermudah akses pembayaran pajak, serta meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Kurnia, R. (2024). Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 246-252. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.538