Analisis Penerapan Metode Just In Time Dalam Manajemen Persediaan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya

  • Sri Rahayu Universitas Teknologi Digital
Keywords: persediaan, just in time, efisiensi biaya

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Just In Time guna meningkatkan efisiensi biaya.
Desain/Metode_Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data primer dan sekunder menggunakan metode wawancara, observasi juga dokumentasi yang dilakukan pada usaha konveksi baju anak DRD Collection yang beralamat di Jl. Kopo Gg. Cirangrang Timur RT 01 RW 01.
Temuan_Hasil penelitian mengungkapkan bahwasanya terdapat kendala berupa pemborosan pada biaya persediaan, sehingga seringkali meleset dari biaya yang telah dicanangkan sebelumnya dikarenakan masih menggunakan metode tradisional. Berbanding terbalik bila menggunakan metode Just in Time pada sistem manajemen persediaan bahan baku nya yang ternyata dapat meningkatkan efisiensi biaya dan menekan pemborosan yang menjadi masalah sebelumnya pada konveksi ini.
Implikasi_Yang mana diketahui terdapat perbedaan signifikan apabila metode Just In Time ini apabila metode ini diterapkan dalam manajemen persediaan bahan baku usaha konveksi DRD Collection. Disisi lain dapat ditarik kesimpulan bahwa jika dengan menggunakan metode JIT akan berdampak positif terhadap teraturnya pembelian bahan baku yang dibutuhkan, yang tentunya akan mempengaruhi terhadap lancarnya produksi.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Rahayu, S. (2024). Analisis Penerapan Metode Just In Time Dalam Manajemen Persediaan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 253-259. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.539