Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Indonesia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2023

  • Indah Siti Aulya Universitas Teknologi Digital
  • Kasan K. Suantha Universitas Teknologi Digital
Keywords: Inflasi, Suku Bunga, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Inflasi merupakan kenaikan harga barang dan jasa secara berkelanjutan.
Tujuan_Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh inflasi dan suku bunga Indonesia terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Barat. Data penelitian ini bersumber dari data time series yaitu dari tahun 2021-2023. Dimana data tersebut didapat dari berbagai sumber, seperti www.jabar.bps.go.id.
Desain/Metode_Dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian dengan metode kuantitatif. Analisis data bersifat statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis penelitian yang ditetapkan sebelumnya. Pada penelitian ini digunakan metode analisi regresi linier berganda. Regresi linier berganda menggunakan program SPSS 26.
Temuan_Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat dan suku bunga Indonesia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Adapun inflasi dan suku bunga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Nilai koefisien determinasi sebesar 62%.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Aulya, I., & Suantha, K. (2024). Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Indonesia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Jawa Barat Periode 2021-2023. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 284-294. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.542