Pengaruh Manajemen Keuangan dan Pemahaman Akuntansi dalam Meningkatkan Keberlanjutan UMKM Di Pasar Kiaracondong

  • Neng Tika Septika Universitas Teknologi Digital
  • Putri Utami Universitas Teknologi Digital
Keywords: Manajemen, Keuangan, Akuntansi

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen keuangan dan Pemahaman Akuntansi terhadap keberlanjutan finansian UMKM yang berada di pasar Kiaracondong kota Bandung.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan data primer yang datanya bersumber dari kuisioner dan wawancara secara langsung kepada responden UMKM yang berada di pasar Kiaracondong, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengolahan data kuisioner menggunakan aplikasi olah data SPSS versi 23. Populasi penelitian ini sekitar 800 UMKM yang sudah memiliki surat izin usaha, sampel yang digunakan berjumlah 50 responden.
Temuan_Hasil penelitian ini menunjukan variabel X1 dan X2 berpengaruh secara signifikan terhadap Y, hasil penelitian diperoleh melalui uji t dan uji F yang dimana hasilnya adalah hubungan antara X1 terhadap Y memiliki nilai signifikansi 0,000, hubungan X2 terhadap Y memliki nilai signifikansi 0,019 yang dimana nilai tersebut <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H1 dan H2 memiliki hubungan. uji F simultan dapat diketahui nilai F hitung 45,002 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang nilainya <0,05 maka kedua variabel dapat dikatakan berpegaruh terhadap Y.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Septika, N., & Utami, P. (2024). Pengaruh Manajemen Keuangan dan Pemahaman Akuntansi dalam Meningkatkan Keberlanjutan UMKM Di Pasar Kiaracondong. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 348-359. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.548