Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm)

  • Sipa Anggraeni Pratama Nur Universitas Teknologi Digital
  • Tuti Herawati Universitas Teknologi Digital
Keywords: SAK EMKM, UMKM, Laporan Keuangan, Penerapan

Abstract

Tujuan_Pelaku UMKM masih banyak yang memiliki kendala dalam tingkat kesiapan dan pemahaman dalam penerapan SAK EMKM dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang dilatarbelakangi pemahaman dalam bidang akuntansi. Ada banyak pelaku UMKM yang belum memahami apa itu SAK ETAP dan penyusunan laporan keuangan.
Desain/Metode_Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Temuan_Penulis mendapatkan kesimpulan dari hasil wawancara, yaitu penerapan SAK EMKM untuk PT Sarana Production ini perlu untuk mempekerjakan orang yang bisa dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku. Perubahan regulasi dari waktu ke waktu  embuat peraturan dalam penyusunan laporan keuangan berubah-ubah.
Implikasi_Pentingnya menerapkan SAK EMKM untuk PT Sarana Production adalah agar terstruktur dan teraturnya keuangan Perusahaan dan dapat memudahkan dalam menganalisis tujuan investasi dan perkembangan usaha kedepannya
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Pratama Nur, S., & Herawati, T. (2024). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, Dan Menengah (Sak Emkm) Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 384-391. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.551