Strategi Penyusunan Laporan Keuangan Agis Parfum Sesuai SAK EMKM

  • Ita Suryanita Supyan Universitas Teknologi Digital
  • Dede Nurhasanah Universitas Teknologi Digital
Keywords: Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan pada UMKM Agis Parfum, laporan keuangan apa sajakah yang sudah dibuat oleh UMKM Agis Parfum, apakah UMKM Agis Parfum sudah menerapkan SAK
EMKM dalam pembuatan laporan keuangannya, bila belum laporan keuangan apa sajakah yang dapat peneliti rekomendasikan kepada UMKM Agis Parfum dan hambatan apa saja yang dihadapi oleh UMKM Agis Parfum dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK
EMKM.
Desain/Metode_Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis deskriptif, analisis data yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Kemudian dikomparasikan dalam bentuk narasi bersadarkan kombinasi antara teori-teori yang terelavan dengan masalah yang diteliti.Temuan dalam penelitian ini adalah UMKM Agis Parfum belum memiliki tenaga ahli yang paham betul dalam pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM dan adanya pembagian kerja yang tidak jelas atau tumpang tindih antara pemilik dengan admin.
Temuan_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan pada UMKM Agis Parfum ialah pemilik sekaligus admin dari Agis Parfum, laporan yang selama ini sudah dibuat oleh Agis Parfum adalah hanya laporan pencatatan
penjualan harian, UMKM Agis Parfum belum menerapkan SAK EMKM dalam pembuatan laporan keuangannya, beberapa laporan keuangan yang dapat penulis berikan yaitu berupa laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM serta hambatan yang dihadapi oleh Agis Parfum dalam menyusun laporan keuangan
Implikasi_Berdasarkan SAK EMKM adalah pemilik belum memiliki pengetahuan mengenai cara membuat laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM dan Agis Parfum belum memiliki tenaga ahli dalam menyusun laporan keuangannya
Tipe Penelitian_Studi Empiris.

Published
2024-07-30
How to Cite
Supyan, I., & Nurhasanah, D. (2024). Strategi Penyusunan Laporan Keuangan Agis Parfum Sesuai SAK EMKM. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 401-412. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.553