Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta KIS (Studi Pada Puskesmas Batujajar Kabupaten Bandung Barat)

  • Ady Tia Ramadhan Universitas Teknologi Digital
  • Sri Gina Pohaci Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Puskesmas Batujajar

Abstract

Tujuan_Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepuasan pasien peserta KIS Puskesmas Batujajar dipengaruhi oleh tingkat kualitas pelayanannya.
Desain/Metode_Penelitian jenis ini menggunakan teknik analisis. Puskesmas kelompok Batujajar memberikan pelayanan gratis kepada 100 peserta KIS yang tergabung dalam kelompok pasien yang terwakili dalam sampel.
Temuan_Analisis regresi linier merupakan uji analisis yang digunakan dalam penelitian ini. SPSS versi 29 digunakan untuk melakukan uji parsial (uji t) untuk menguji hipotesis. Hasil Pengujian Nilai T sebesar 3,107 yang berasal dari variabel kualitas pelayanan ternyata memiliki tingkat signifikansi sebesar 0,002. Akibatnya, nilai t melebihi 1,984 dan signifikansi yang dicapai < 0,05. Oleh karena itu, kepuasan pasien peserta KIS (Y) dipengaruhi secara signifikan oleh variabel Kualitas Pelayanan (X).
Implikasi_Peserta KIS mengalami peningkatan kepuasan pasien sebesar 0,090 atau 9% berdasarkan temuan uji determinasi (R2) yang dihasilkan oleh variabel kualitas pelayanan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Ramadhan, A., & Pohaci, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta KIS (Studi Pada Puskesmas Batujajar Kabupaten Bandung Barat). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 449-459. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.558