Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Studi Puskesmas Cicangkang Girang

  • Amelia Sepia Fitri Wandi Universitas Teknologi Digital
  • Ady Tia Ramadhan Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kualitas pelayanan, Fasilitas, Kepuasan pasien

Abstract

Tingkat partisipasi dan kepuasan pasien merupakan faktor penentu penting dari efektivitas klinik rawat jalan. Puskesmas Cicangkang Girang ingin memberikan perawatan dan fasilitas terbaik kepada pasiennya sehingga stafnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pasien dipengaruhi oleh mutu fasilitas dan layanan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data peserta dan mewawancarai kepala puskesmas,staff, dan administrasi puskesmas Cicangkang Girang secara mendalam. Desain/Metode_Data diperoleh dengan menjumlahkan tanggapan skala likert dari 100 peserta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan software SPSS20. Temuan_Hasil penelitian diperoleh pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas (X2) terhadap kepuasan pasien (Y) adalah sebesar 0.001 < 0.05 dan f hitung 61.559 > nilai f tabel 3.09 H0 1 ditolak dan Ha 1 diterima. Simpulan penelitian ini dimana kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh sangat signifikan terhadap kepuasan pasien di puskesmas Cicangkang Girang dan pengaruhnya positif. Tipe Penenlitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Fitri Wandi, A., & Ramadhan, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Studi Puskesmas Cicangkang Girang. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 479-487. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.562