Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Sugih Maju Berkah Kota Cimahi

  • Nabilla Salma Latifha Universitas Teknologi Digital
  • Aris Rinaldi Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kinerja karyawan, Motivasi Kerja

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Sugih Maju Berkah Kota Cimahi. Pengukuran pada variabel motivasi adalah kepuasan kerja, prestasi yang diraih, peluang untuk maju, kemungkinan pengembangan karir, tanggung jawab, dan pengakuan dari orang lain. Sedangkan pada variabel kinerja karyawan adalah kuantitas (hasil kerja), kualitas kerja, efisiensi, disiplin kerja, inisiatif serta ketelitian dan kesesuaian hasil.
Desain/Metode_Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 187 orang sehingga mendapatkan sampel sebanyak 46 orang. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pihak perusahaan. Untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, peneliti menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear sederhana, analisis koefisien korelasi pearson, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis menggunakan uji t.
Temuan_Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan dengan koefisien korelasi sebesar 0,622. Hasil uji hipotesis memberikan nilai thitung = 5,270 dan ttabel = 2,015. Jadi thitung 5,270 > ttabel 2,01. Maka nilai r yang dihasilkan yaitu 0,622 dengan signifikansi 0,05 pada taraf kepercayaan 95%.
Implikasi_Sesuai dengan ketentuan apabila thitung > ttabel, maka Ha dapat diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan atau pengaruh antara variabel Motivasi Kerja (X) terhadap variabel Kinerja Kerja (Y). Adapun besar pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan sebesar 37,3%, sedangkan sisanya sebesar 62,7% di pengaruhi oleh faktor lain yang belum dapat diketahui.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Latifha, N., & Rinaldi, A. (2024). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Sugih Maju Berkah Kota Cimahi. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 510-518. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.566