Analisis Manajemen Pengelolaan Obat Pada Puskesmas Sindangkerta Tahun 2024

  • M Randi Rukmana Universitas Teknologi Digital
  • Hamdan . Universitas Teknologi Digital
Keywords: Manajemen Pengelolaan Obat, Puskesmas, Manajemen

Abstract

Pengelolaan obat dan bahan medis konsumsi merupakan salah satu kegiatan pelayanan obat yang dimulai dari perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan dan pelaporan, serta pemantauan dan evaluasi.
Tujuan_Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan obat Pada Puskesmas Sindangkerta Dalam Perencanaan, Pengadaan, Penerimaan, Penyimpanan, Pendistribusian, Pemusnahan, Dan Pengendalian obat.
Desain/Metode_Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Temuan_Hasil penelitian ini Puskesmas sindangkerta dalam manajemen pengelolaan obat terkait perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pemusnahan dan pengendalian sudah baik.
Implikasi_Adapun kendala yang ditemui ialah keuangan atau anggaran, distribusi pengadaan obat dari pemerintah pusat sehingga menjadi adanya ketidaksesuaian antara perencanaan dan pengadaan obat, kesalahan administrasi pemberian obat yang menjadikan kehilangan obat karena kekeliruan pencatatan dan pendataan obat.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Rukmana, M. R., & ., H. (2024). Analisis Manajemen Pengelolaan Obat Pada Puskesmas Sindangkerta Tahun 2024. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 527-531. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.568