Pengendalian Mutu Pada Produk Pakaian Renang Swimsuit Rianty

  • Ilza Tio Febiansyah Universitas Teknologi Digital
  • Supriyadi . Universitas Teknologi Digital
Keywords: Pengendalian mutu, Industri pakaian renang, Proses produksi

Abstract

Tujuan_ Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu produk pakaian renang Swimsuit Rianty. pengendalian mutu menjadi aspek kritis yang harus diperhatikan oleh Swimsuit Rianty dalam industri pakaian renang. Pengendalian mutu yang efektif akan membantu meminimalkan cacat produksi, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mempertahankan reputasi merek yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi praktik pengendalian mutu pada produk pakaian renang, dengan fokus pada studi kasus pengendalian mutu pada produk Swimsuit Rianty. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan yang dihadapi oleh Swimsuit Rianty dan praktik pengendalian mutu yang diterapkan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi industri pakaian renang secara keseluruhan.
Desain/Metode_ Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan melakukan pengamatan langsung terhadap seluruh proses produksi pakaian renang. Pengambilan sampel dilakukan secara berkala untuk pengujian, dan olah data dilakukan menggunakan MS Excel dan Minitab.
Temuan_Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat total 161 cacat yang teridentifikasi. Peta kendali c menunjukkan sebagian besar data dalam batas kontrol, namun ada satu titik data yang melampaui batas atas, menandakan adanya anomali dalam proses produksi. Kecacatan disebabkan oleh faktor manusia dan mesin, serta metode dan lingkungan. Meskipun demikian, upaya perbaikan dan kontrol
kualitas yang ketat dapat mengatasi kecacatan, memastikan kualitas produk sesuai standar, dan meningkatkan keandalan proses produksi.
Implikasi_Hasil penelitian ini diharapkan memberikan wawasan berharga bagi perusahaan pakaian renang, termasuk Swimsuits Rianty dan pesaingnya, mengenai area-area di mana pengendalian mutu dapat ditingkatkan. Dengan memahami proses produksi yang ketat dan dapat mendorong peningkatan standar kualitas.
Originalitas_Melakukan analisis data menggunakan buku, jurnal ilmiah dan artikel serta melakukan pengamatan langsung pada area produksi dan melakukan wawancara mendalam terhadap pemilik perusahaan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Febiansyah, I., & ., S. (2024). Pengendalian Mutu Pada Produk Pakaian Renang Swimsuit Rianty. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 532-543. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.569