Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Satpam Di Griya Buah Batu

  • Putri Sandha Fadilla Universitas Teknologi Digital
  • Makmur . Universitas Teknologi Digital
Keywords: kinerja, kompensasi, motivasi

Abstract

Tugas pokok anggota satuan pengamanan adalah menjadi perpanjangan tangan dari tugas kepolisian, berdasarkan Pasal 6 Perkapolri No.24/2007 yang menyatakan tugas satpam adalah untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan/tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya. Selain itu, fungsi satpam adalah melindungi dan mengayomi lingkungan/tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya. Anggota satpam di area Griya Buah Batu mengalami fenomena kurangnya motivasi kerja dan kurangnya kebijakan dalam hal kompensasi. Fenomena tersebut membuat kinerja anggota satpam diduga menurun dan berdampak pada penilaian manajemen Griya Buah Batu terhadap perusahaan outsourcing PT. Karya Cahaya Anue yang menjadi penyalur jasa tenaga pengamanan tersebut. Adanya pemberian hukuman sebagai bentuk teguran dari kesalahan anggota yang dilakukan tidak serta merta meningkatkan motivasi kerja, beberapa bentuk hukuman bahkan dinilai sebagai beban yang membuat kinerja semakin menurun. Selain itu kebijakan kompensasi yang diberikan juga dirasa belum mampu memberikan kesejahteraan bagi karyawan.
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap kinerja satpam di Griya Buah Batu.
Desain/Metode_Studi kasus pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan data primer berupa kuisioner dengan jumlah sampel 30 responden, data sekunder yang terdapat dalam penelitian ini berupa kajian dari peneliti terdahulu dan sumber lain yang relevan. Teknik yang digunakan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis linier berganda dengan metode perhitungan menggunakan software statistical product and service solutions (SPSS) 24.
Temuan_Berdasarkan hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa hasil hipotesis Ha diterima yang menyatakan bahwa, motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, selain itu motivasi dan kompensasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Sandha Fadilla, P., & ., M. (2024). Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Satpam Di Griya Buah Batu. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 579-588. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.574