Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien BPJS Rawat Inap di RSIA Kartini

  • Putra Setiawan Firdaus Universitas Teknologi Digital
  • Rama Satya Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien

Abstract

Tujuan_ Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kualitas pelayanan terhadap pasien BPJS, sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk : Menganalisis persepsi pasien BPJS terhadap kualitas pelayanan kesehatan, Mengidentifikasi aspek-aspek kualitas
pelayanan yang diterapkan; 3) Memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.
Desain/Metode_ Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber Data dari wawancara, observasi, hasil dari jurnal ilmiah, artikel yang relevan.
Temuan__ Hasil penelitian menunjukan bahwa secara menyeluruh dalam Kualitas Pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit sudah cukup baik, meskipun masih terdapat keluhan dan kelemahan didalam teori yang ada dengan hasil penelitian.
Implikasi_ Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan program studi manajemen, khususnya manajemen rumah sakit dalam menangani keluhan pasien terkait pelayanan rumah sakit, baik yang sudah ada untuk
dikembangkan maupun yang belum ada pada rumah sakit.
Originalitas_ Melakukan analisis data berbagai jurnal ilmiah dan artikel, serta melakukan wawancara mendalam dan observasi baik terhadap pasien rawat inap maupun perawat di ruangan rawat inap.
Tipe Penelitian_Studi Literatur

Published
2024-07-30
How to Cite
Setiawan Firdaus, P., & Satya, R. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien BPJS Rawat Inap di RSIA Kartini. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 597-601. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.576