ANALISIS PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SMP PGRI NGAMPRAH

  • Lisma Rahayu Universitas Teknologi Digital
  • Khusnul Heikal Irsyad Universitas Teknologi Digital
Keywords: Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Minat Belajar

Abstract

Tujuan_Penelitian Ilmiah ini mengulas tentang bagaimana strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) guru dapat meningkatkan mutu pembelajaran serta prestasi akademik siswa. Melalui pelatihan dan aktivitas lainnya, tujuannya adalah menciptakan SDM guru yang berkualitas, yang pada gilirannya akan berdampak positif pada pencapaian prestasi akademik dan non-akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan seputar pengembangan SDM guru, hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar dan prestasi akademik siswa, serta upaya yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan tersebut di SMP PGRI Ngamprah.
Desain/Metode_Metode menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif.
Temuan_Kemudian hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan SDM guru di SMP PGRI Ngamprah telah dilakukan secara efektif, dengan kepala sekolah melakukan seleksi terhadap guru yang memerlukan pembinaan atau pelatihan, seperti melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau lokakarya.
Implikasi_Dengan mengikuti pelatihan, kekurangan guru dapat diperbaiki. Kendala yang umumnya dihadapi di setiap lembaga berkaitan dengan perbedaan pemikiran siswa, sehingga guru harus bisa menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan pemahaman mereka. Upaya guru dalam mengatasi hal tersebut melibatkan adopsi inovasi baru dalam pembelajaran, mengikuti pelatihan, dan tetap melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Rahayu, L., & Heikal Irsyad, K. (2024). ANALISIS PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI SMP PGRI NGAMPRAH. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 613-620. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.578