Analisis Kedisiplinan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Al Ahyar Sukaratu

  • Syifa Mawaddatul Fitri Universitas Teknologi Digital
  • Fizi Fauziya Universitas Teknologi Digital
Keywords: Kedisiplinan, Guru, Mengajar

Abstract

Pemahaman dan kesiapan seorang pendidik untuk menerima, tunduk, dan mengikuti aturan, keputusan, dan arahan yang berlaku di kelas tanpa syarat apapun disebut dengan disiplin guru. Survei pendahuluan yang dilakukan di SMP Al-Ahyar Sukaratu ditemukan terdapat fenomena fenomena yang terjadi dan berkaitan dengan kedisiplinan guru di SMP Al-Ahyar Sukaratu.
Tujuan_Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kedisiplinan guru dalam mengajar di SMP Al-Ahyar Sukaratu.
Desain/Metode_Metode penelitian yang diterapkan ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara dengan pedoman wawancara yang berisi indikator kedisiplinan guru dan faktor faktor yang mempengaruhi kedisiplinan guru.
Temuan_Hasil wawancara dengan 3 orang guru di SMP Al - Ahyar Sukaratu didapatkan hasil bahwa masih kurangnya kedisiplinan pada guru di SMP Al-Ahyar Sukaratu. Hal tersebut didapatkan dari hasil wawancara sebagian besar responden sering terlambat ke sekolah dan meninggalkan kelas saat jam pelajaran berlangsung.
Implikasi_Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu kecilnya kompensasi yang diberikan, serta kurangnya evaluasi dan ketegasan dari kepala sekola terhadap guru yang melanggar peraturan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Mawaddatul Fitri, S., & Fauziya, F. (2024). Analisis Kedisiplinan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di SMP Al Ahyar Sukaratu. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 637-642. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.581