PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEUANGAN SERTA TINJAUAN TERHADAP KEMAMPUAN BENDAHARA MI CIGINTUNG BANDUNG BARAT

  • Shayshay Salma Salsabila Universitas Teknologi Digital
  • Bambang Handoko Universitas Teknologi Digital
Keywords: Administrasi Keuangan Sekolah, Sumber Daya Manusia, Efisiensi, Efektivitas

Abstract

Desain_Metode_Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang berfokus pada pengelolaan administrasi keuangan sekolah dengan tujuan mengidentifikasi praktik dan potensi perbaikan. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara secara langsung.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Cigintung melakukan penyusunan rencana anggaran keuangan tahunan melalui Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM). Dalam pengelolaan dana pendidikan MI Cigintung berpedoman pada RKAM, dan secara berkala melakukan evaluasi dana setiap 6 (enam) bulan, serta menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penyusunan dan pelaporan pengelolaan keuangan dilakukan oleh seseorang yang merangkap sebagai Guru dan Bendahara.
Implikasi_Oleh karena itu, penulis menyarankan solusi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas yang mencakup pelatihan dan pemberdayaan guru, pembagian tugas antar guru yang jelas dan bijaksana, standarisasi prosedur, pengarsipan yang baik, serta pengawasan dan rapat secara rutin.
Tipe Penelitian_Studi Literatur

Published
2024-07-30
How to Cite
Salma Salsabila, S., & Handoko, B. (2024). PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEUANGAN SERTA TINJAUAN TERHADAP KEMAMPUAN BENDAHARA MI CIGINTUNG BANDUNG BARAT. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 663-668. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.584