PENGELOLAAN ADMINISTRASI KEUANGAN SERTA TINJAUAN TERHADAP KEMAMPUAN BENDAHARA MI CIGINTUNG BANDUNG BARAT
Abstract
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan teknik deskriptif untuk mengkaji pengelolaan
administrasi keuangan sekolah. Tujuan utamanya adalah untuk mengungkap praktik saat ini dan
peluang untuk perbaikan. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan
wawancara secara langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MI Cigintung menggunakan
Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) dalam penyusunan rencana anggaran tahunan.
Dalam pengelolaan dana pendidikan, MI Cigintung mengacu pada RKAM dan secara rutin
melakukan evaluasi setiap enam bulan serta menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ).
Penelitian juga menemukan bahwa persiapan dan pelaporan keuangan dikelola oleh seorang guru
yang juga bertugas sebagai akuntan. Oleh karena itu, penulis menyarankan beberapa solusi untuk
meningkatkan efisiensi dan efektivitas, termasuk pemberdayaan dan pelatihan guru, pembagian
tugas yang bijaksana di antara staf, standarisasi prosedur, pencatatan yang baik, serta
pengawasan dan rapat rutin.