Motivasi Karyawan Dalam Peningkatan Kinerja Pada Koperasi Simpan Pinjam Rukun Ikhtiar Cabang Bandung

  • Aldi kurniawan Universitas Teknologi Digital
  • Robbi Zidni Ilma Universitas Teknologi Digital
Keywords: Motivasi, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Pada era globalisasi yang semakin hari semakin berkembang pesat ini banyak masyarakat di indonesia yang membutuhkan keamanan dalam sistem keuangan keluarga. Karena di dorong dengan berkembangnya hal ini maka muncul perusahaan di bidang perbangkan yang membantu keuangan masyarakat indonesia menjadi lebih aman. koperasi adalah badan hukum yang berdasarkan atas asa kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Karyawan dan perusahaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena karyawan memegang peran utama dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan dan apabila karyawan memiliki produktivitas dan motivasi kerja yang baik, maka laju roda kehidupan suatu intasi koperasipun akan berjalan kencang, yang akhirnya akan menghasilkan kinerja dan pencapaian hasil yang baik bagi organisasi koperasi.
Koperasi simpan pinjam rukun ikhtiar cabang bandung mengalami fenomena kurangnya motivasi kerja dan kurangnya kebijakan dalam hal peningkatan kinerja. Fenomena tersebut membuat kinerja karyawan menurun dan berdampak pada pelayanan KSP rukun ikhtiar cabang bandung. Adanya temuan kurangnya pelatihan kerja serta berdampak terhadap motivasi kerja serta beberapa karyawan yang harusnya pensiun tetap bekerja mengakibatkan lambat nya pelayanan serta kurangnya motivasi kerja yang mempengaruhi kinerja karyawan saat pelayanan. Selain itu motivasi kinerja akan memberikan masukan bagi koperasi yang akan meningkatkan kinerja karyawan.
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi karyawan dalam peningkatan kinerja pada koperasi simpan pinjam rukun ikhtiar cabang bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu masalah dan fakta terhadap objek pada saat penelitian berlangsung .
Desain/Metode_penelitian ini dilaksanakan pada pada koperasi simpan pinjam (KSP) rukun ikhtiar cabang bandung de ngan memilih 2 orang informan kunci yang dianggap mewakili karyawan masing- masing yaitu 1 orang sekretaris dan 1 orang karyawan staf. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam ,observasi dan dokumentasi.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa motivasi kerja sangatlah berperan penting bagi karyawan untuk menunjang kinerjanya. Dan kinerja karyawan koperasi simpan pinjam rukun ikhtiar cabang bandung dapat dikatakan baik yang dapat dilihat dari terciptanya suatu kepuasan kerja sebagai karyawan serta dapat meningkatkan citra perusahaan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
kurniawan, A., & Zidni Ilma, R. (2024). Motivasi Karyawan Dalam Peningkatan Kinerja Pada Koperasi Simpan Pinjam Rukun Ikhtiar Cabang Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 669-679. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.585