Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Pemasaran Digital Bimbel Online JadiASN

  • Sofi Rahayu Universitas Teknologi Digital
Keywords: Pemasaran Digital. Analisis Konten Tiktok, Bimbel Online, Analisis SWOT, Analisis Sosial Media

Abstract

Pemasaran digital semakin populer dengan perkembangan media sosial yang dapat mempermudah akses dan interaksi. Dalam pendidikan, teknologi digital mengubah cara belajar, seperti bimbel online "JadiASN" yang fokus pada Bimbel untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jadi ASN memanfaatkan digital marketing sebagai platform pemasaran onlinenya Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, pemasaran digital melalui media sosial seperti TikTok dapat menjadi strategi yang inovatif dan efektif. Namun akhir – akhir ini akun Tiktok JadiASN mengalami penurunan view pada beberapa konten yang di unggah, perbedaan ini menunjukkan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat keterlibatan pengguna dan efektivitas konten yang diunggah.
Tujuan_Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bentuk pengelolaan dan efektivitas penggunaan media sosial TikTok di akun bimbel online JadiASN, yang nantinya peneliti akan memberikan solusi strategi agar pemanfaatan media sosial semakin optimal.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dimana sumber data yakni data wawancara yang kemudian dianalisis melalui analisis konten Tiktok, Analisis Three Layers Of Social Media, dan Analisis SWOT.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif. Akun TikTok @jadiasnofficial memiliki jangkauan luas dengan 3.726.000 total views, 135.582 likes, dan 10.683 followers. Namun, engagement rate sebesar 2,23% menurut HypeAuditor dianggap rendah, menunjukkan perlunya evaluasi dan peningkatan interaksi dengan audiens.
Implikasi_Strategi yang direkomendasikan termasuk membuat konten sesuai tren, rutin mengunggah konten, menggunakan fitur TikTok secara optimal, dan berkolaborasi dengan influencer untuk konten interaktif.
Tipe Penelitian_Studi Literatur

Published
2024-07-30
How to Cite
Rahayu, S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Platform Pemasaran Digital Bimbel Online JadiASN. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 710-720. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.589