Implementasi Program Pelatihan Character Building Sebagai Upaya Revolusi Mental Karyawan Di PT. Varia Usaha Beton

  • Andra Fahreza Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga (UNAIR)
Keywords: Pelatihan, Pembentukan Karakter, Revolusi Mental

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi program pelatihan character building atau pembentukan karakter sebagai upaya revolusi mental karyawan di PT Varia Usaha Beton (VUB); 2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program pelatihan pembentukan karakter; dan 3) dampak perubahan saat implementasi program pelatihan pembentukan karakter.

Metode/Desain_Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data didapatkan melalui wawancara dengan Kepala Seksi Bagian Organisasi dan Pengembangan SDM dan peserta pelatihan berjumlah tiga orang. Peneliti juga melakukan observasi partisipasi pasif. Temuan: Hasil dalam penelitian ini: 1) Implementasi program pelatihan pembentukan karakter dapat mengubah mental peserta, dengan berani melawan rasa takut dengan ketinggian, binatang, dan kegelapan; 2) adanya komitmen manajemen puncak sampai menengah sebagai faktor pendukung dan karyawan yang tidak mempunyai tujuan yang sama sebagai faktor penghambat; dan 3) perubahan perilaku, semakin termotivasi dan berani menghadapi tantangan menjadi dampak perubahan.

Implikasi_Implikasi dalam penelitian ini, secara teoritis dapat mengembangkan kajian tentang sistem manajemen pelatihan, dengan membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam melaksanakan program pelatihan bagi karyawan di organisasi. Sedangkan secara praktis, penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan/referensi bagi kalangan profesional tentang pentingnya program pelatihan pembentukan karakter di organisasi.

Jenis Penelitian_Penelitian ini menggunakan studi empiris. Secara keseluruhan pelaksanaan program pelatihan pembentukan karakter berjalan lancar, peserta mempunyai semangat dan antusiasme yang tinggi.

Published
2019-03-30
How to Cite
Fahreza, A. (2019). Implementasi Program Pelatihan Character Building Sebagai Upaya Revolusi Mental Karyawan Di PT. Varia Usaha Beton. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), (2), 394 - 401. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.59
Section
Articles