Evaluasi Bauran Pemasaran Pada Seblak Mamah Saleh Di Kota Bandung

  • Suci Qodarul Hikmah Universitas Teknologi Digital
Keywords: Evaluasi, Bauran Pemasaran, Seblak Mamah Saleh

Abstract

Tujuan_Penelitian ini membahas mengenai Evaluasi Bauran Pemasaran pada Seblak Mamah Saleh di Kota Bandung. Seblak merupakan salah satu makanan asal Sunda yang kini semakin populer di kalangan luas. Seblak Mamah Saleh merupakan salah satu tempat usaha seblak di Kota Bandung, cukup terkenal dengan ciri khas yang tempatnya dibuat bernuansa prasmanan. Salah satu aspek pemasaran di Seblak Mamah Saleh adalah penggunaan media sosial TikTok live streaming dengan menampilkan proses memasak hingga menyajikan hidangannya, hal ini menjadikan strategi pemasaran yang khas dari Seblak Mamah Saleh selain citra rasa bumbu seblaknya. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan tempat yang digunakan oleh Seblak Mamah Saleh dalam meningkatkan dan mempertahankan konsumen.
Desain/Metode_Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan pendekatan yang dilakukan melalui wawancara terstruktur, observasi langsung serta dokumentasi. Sumber data penelitian dalam wawancara dengan pemilik usaha, karyawan dan konsumen pada Seblak Mamah Saleh, observasi partisipatif terhadap proses pemasaran, dan analisis dokumen terkait bauran pemasaran yang diterapkan.
Temuan_Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Seblak Mamah Saleh menggunakan bauran pemasaran yang beragam termasuk promosi melalui media sosial, dan pelayanan pelanggan yang personal. Faktor-faktor ini diintegrasikan secara holistik untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan daya tarik Seblak Mamah Saleh.
Implikasi_Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran pada Seblak Mamah Saleh telah sesuai dan telah memberikan kontribusi positif terhadap keberhasilan usaha bisnisnya. Melalui penggunaan media sosial yang efektif, hingga fokus dan keterlibatan langsung pemilik usaha dalam menjaga kualitas produk dan pelayanan yang unggul, menjadi salah satu kunci keberhasilan Seblak Mamah Saleh dalam membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Hikmah, S. (2024). Evaluasi Bauran Pemasaran Pada Seblak Mamah Saleh Di Kota Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 740-751. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.592