ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT BHAYANGKARA SARTIKA ASIH
Abstract
Tujuan_Rumah sakit merupakan tempat yang menyediakan fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Mendapatkan layanan kesehatan merupakan kebutuhan pokok semua masyarakat. Oleh karena itu, rumah sakit harus menyediakan mutu pelayanan kesehatan yang memuaskan bagi pasiennya, termasuk pasien yang menggunakan asuransi BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana mutu pelayanan yang diberikan rumah sakit kepada pasien BPJS, mengetahui apakah mutu pelayanan yang diberikan sesuai standar yang berlaku atau tidak, mengetahui apakah pasien merasa puas dengan mutu pelayanan yang diberikan atau tidak.
Desain/Metode_Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deduktif sebagai acuannya. Sumber data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam kepada pasien rawat inap BPJS, observasi langsung, dan juga dengan mengkaji studi pustaka dari artikel yang relevan.
Temuan_Hasil daripada penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien BPJS rawat inap merasa puas dengan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit meskipun memang terdapat beberapa mutu pelayanan yang harus ditingkatkan dan dikembangkan untuk membuat pasien lebih puas. Mutu pelayanan yang dilakukan juga sudah sesuai dengan standar yang
berlaku.
Implikasi_Hal tersebut menunjukkan bahwasannya rumah sakit Bhayangkara Sartika Asih sudah menerapkan mutu pelayanan dengan baik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan program studi manajemen, khususnya manajemen rumah sakit dalam memberikan mutu pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai dengan standar dan dapat memuaskan pasien.
Tipe Penelitian_Studi empiris