ANALISA DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

  • Lilis Karnita Soleha Universitas Teknologi Digital
  • Moch Fadil Amrulloh Universitas Teknologi Digital
Keywords: Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Abstract

Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran disiplin kerja dan kinerja guru, serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja guru pada SMK IT Bustanul Arifin Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Disiplin kerja dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan indikator taat terhadap aturan waktu, indikator taat
terhadap peraturan, indikator taat terhadap aturan perilaku dalam pekerjaan, dan indikator taat terhadap peraturan lainnya di organisasi. Sementara kinerja guru diukur dengan menggunakan indikator perencanaan program kegiatan pembelajaran, indikator pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan indikator evaluasi atau penilaian pembelajaran.
Jenis/Metode_Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen.
Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat disiplin kerja guru secara langsung memengaruhi kualitas pengajaran dan kinerja akademis siswa. Guru yang memiliki disiplin kerja yang tinggi cenderung lebih terorganisir, fokus pada tujuan pembelajaran, dan mampu mengelola waktu dengan efisien. Faktor-faktor yang memengaruhi disiplin kerja guru meliputi dukungan dari manajemen sekolah, lingkungan kerja yang kondusif, motivasi intrinsik, dan komitmen terhadap profesi. Oleh karena itu, penting bagi manajemen sekolah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memperhatikan upaya-upaya yang dapat meningkatkan disiplin kerja guru, seperti pelatihan profesional, pemberian umpan balik yang konstruktif, dan pemberian insentif yang sesuai.
Implikasi_Hasil pengaruh disiplin kerja dalam meningkatkan kinerja guru di SMK IT Bustanul Arifin Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat,termasuk dalam kategori (cukup baik) adanya karena masih ada guru yang belum memenuhi kedisiplinan dalam bekerja.
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Karnita Soleha, L., & Fadil Amrulloh, M. (2024). ANALISA DISIPLIN KERJA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 775-783. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.596