Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pegawai Kecamatan Sukasari Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kecamatan Sukasari Kota Bandung

  • Rivan Fadhilah Universitas Teknologi Digital
  • Agus Alamsyah
Keywords: Pegawai,Kepuasan,Masyarakat

Abstract

Manusia merupakan sumber daya terpenting didalam suatu instansi atau organisasi, tanpa adanya aspek manusia maka tidak mungkin suatu instansi atau organisasi akan dapat mengembangakan visi dan misi yang telah ditetapkan. SDM yang berkualitas akan memiliki
peranan yang dominan didalam menunjang pengembangan serta menggerakan roda organisasi dan akan menjadi suatu bentuk usaha yang dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi organisasi tersebut
Desain/Metode_Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Artinya, melalui pengumpulan, penjelasan, dan analisis data, menggambarkan keadaan sebenarnya yang ada pada saat penelitian dilakukan, berdasarkan pengamatan penulis di lapangan. Ini memberi Anda rumusan analitis tentang masalah yang Anda hadapi.
Temuan_Berdarkan hasil wawancara peneliti dengan beberapa masyarakat Sukasari yang datang ke kantor kecamatan untuk tingkat kepuasan pada kinerja pegawai kecamatan sudah cukup baik dalam segi pelayanan administratif maupun bantuan keluhan yang sedang dialami masyarakat sekitar seperti kehilangan KTP dan pembuatan KTP baru. Dalam penanganan ini masyarakat pun dibantu dengan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh kecamatan Sukasari.
Implikasi_Masyarakat Sukasari rata rata cukup puas dengan pelayanan kantor kecamatan setempat mulai dari pelayanan administrative hingga penyelesaiannya dan beberapa masyarakat pun merasa terbantu dengan adanya sebuah aplikasi SIPAKU yaitu aplikasi yang membantu masyarakat dalam hal pendaftaran, keluhan, ataupun bantuan kepada kantor kecamatan Sukasari
Tipe Penelitian_Studi empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Fadhilah, R., & Alamsyah, A. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pegawai Kecamatan Sukasari Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 784-787. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.597