ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KINERJA GURU MTsN 4 BANDUNG BARAT

  • Rantika . Universitas Teknologi Digital
  • Dede Jaelani Universitas Teknologi Digital
Keywords: Disiplin kerja, pendidikan, iklim kerja

Abstract

Tujuan_Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor (Disiplin kerja, Pendidikan dan pelatihan serta iklim) berpengaruh terhadap kinerja guru MTsN 4 Bandung barat di Kecamatan cikalong wetan Kabupaten Bandung barat secara persial; dan (2) Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor (Kinerja guru, insentif/gaji dan kebijakan kepala sekolah) secara simultan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tringulasi/gabungan. Analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru (lingkungan fisik sekolah, insentif/gaji dan kebijakan kepala sekolah) terhadap kinerja guru MTsN 4 Bandung barat.
Desain/Metode_Penelitian ini dilakukan pada guru MTsN 4 Bandung Barat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana analisis faktor-faktor terhadap Kinerja Guru MTsN 4 Bandung Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru MTsN 4 Bandung Barat. Populasi dalam penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 50 orang guru. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara Kualitatif.
Temuan_Variabel disiplin kerja yang terdiri dari indikator kepatuhan terhadap jam kerja, ketepatan waktu dalam melaksanakan tugas, ketaatan terjadap pimpinan, ketaatan terhadap prosedur dan metode kerja, melakukan pekerjaan sesuai rencana dan keberanian menerima resiko dengan kategori cukup atau kurang baik (skor 4.90). Variabel pendidikan dan pelatihan dengan indikator pemilihan peserta, kesempatan berpartisipasi, kesesuaian materi pendidikan dan pelatihan keahlian pelatih, keseimbangan teori dan praktik, efektivitas keterampilan, kemampuan memecahkan masalah dan keseimbangan evaluasi pendidikan dan pelatihan program dengan kategori baik (skor 4,95). Variabel kinerja dengan indikator strategi pembelajaran, fasilitas, kesulitan belajar anak, pembelajaran evaluasi perkembangan anak dengan kategori baik (skor 4,90).
Im[likasi_Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi kinerja guru MTsN 4 Bandung Barat adalah Disiplin Kerja, Pendidikan dan Pelatihan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
., R., & Jaelani, D. (2024). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KINERJA GURU MTsN 4 BANDUNG BARAT. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 788-791. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.599