Pengaruh Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Kinerja Dosen Pada Program Studi Sarjana Pendidikan Ekonomi Di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pancasakti
Abstract
Tujuan_Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh implementasi manajemen berbasis sekolah (X) terhadap Kinerja Dosen Program studi sarjana pendidikan ekonomi (Y).
Metode/Desain_Metode penelitian yang digunakan adalah metode regresi sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Sampel penelitianberjumlah 72 mahasiswa. Hasil uji coba instrumen penelitian menunjukan bahwa reliabilitas instrumen implementasi manajemen berbasis sekolah menurut persepsi mahasiswa sebesar 0,732, dan kinerja dosen menurut persepsi mahasiswa Program studi sarjana pendidikan ekonomi sebesar 0,783.Analisis data yang digunakan adalah anasis
regresi sederhana.
Temuan_Kesimpulan hasil penelitian mengungkapkan: (1) Persamaan Regresi Linear Regresi. Diperoleh persamaan linear Y = -47,327 + 0,946X artinya skor Y dapat diprediksi melalui persamaan linear tersebut diatas. (2) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah berpengaruh positif terhadap Kinerja dosen Program studi sarjana pendidikan ekonomi. (3) Uji signifikansi persamaan persamaan garis regresi diperoleh dari baris regression
kolom ke-5, yaitu F hit dan p-value lebih kecil dari 0,05 atau Ho ditolak. Dengan demikian, regresi Y atau X adalah signifikan atau Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja dosen Program studi sarjana pendidikan ekonomi. (4) Uji
signifikansi koefisien korelasi diperoleh dari tabel Model Summary. Terlihat pada baris pertama koefisien korelasi (rxy) = 0,934 dan Fhit (Fchange) = 3.196,836, dengan p-value lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak. Dengan demikian, koefisien korelasi X dan Y
adalah bearti atau signifikan. Sedangkan koefisien determinasi dari tabel di atas terlihat pada baris ke-2, yaitu R Square = 0,942, yang mengandung makna bahwa 94,2 % variasi variabel Kinerja dosen Program studi sarjana pendidikan ekonomi.