Analisis Perencanaan Kapasitas Volume Produksi Menggunakan Metode Forecasting Pada Cireng Ateu

  • Muhammad Hanif Arifiansyah Universitas Teknologi Digital
  • Widya Retno Prasinta Universitas Teknologi Digital
Keywords: Peramalan, Produksi, Time Series Decomposition

Abstract

Tujuan_Cireng Ateu adalah merek jajanan cireng khas Jawa Barat yang didirikan oleh Tenny Maryanti, seorang ibu rumah tangga. Cireng Ateu mulai berproduksi pada tahun 2012 dengan tujuan mengembangkan dan memperkenalkan jajanan sehat dan bergizi dari kuliner khas Jawa Barat agar dapat bersaing dan menjadi unggulan di bidangnya sendiri. Cireng Ateu menghadapi masalah dalam perencanaan kapasitas produksi yang kurang terukur, yang mengakibatkan produk tidak terjual dan harus diolah kembali, sehingga menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan peramalan dalam perencanaan kapasitas produksi agar dapat menentukan kapasitas produksi yang sesuai dan mengurangi produk yang tidak terjual.
Desain/Metode_Berdasarkan data historis Cireng Ateu memiliki jenis pola data musiman (seasonality) dan perencanaan peramalan produksi yang paling sesuai adalah peramalan jangka pendek. Adapun kecocokan metode peramalan yang akan digunakan adalah double exponential smoothing, triple exponential smoothing, dan time series decomposition. Metode peramalan time series decomposition merupakan metode peramalan terbaik karena memberikan hasil dengan nilai yang error paling rendah dibandingkan dengan metode lainnya dengan nilai MAD 210481, MSE 366, dan MAPE 3%. Metode time series decomposition memiliki hasil forecast sebesar 12678,5 dan seterusnya.
Temuan_Hasil peramalan dan kapasitas produksi pada data hasil wawancara memiliki nilai selisih yang cukup sedikit, yakni nilai kapasitas produksi lebih unggul dari pada nilai hasil peramalan, yang artinya hasil peramalan dikatakan bisa diterima oleh perusahaan karena tidak melebihi kemampuan dalam kapasitas produksinya.
Implikasi_Hasil tersebut adalah hasil peramalan jangka pendek, yakni selama 2 bulan untuk volume produksi Cireng Ateu. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk period ke – 13 atau minggu ke-1 pada bulan berikutnya perusahaan disarankan melakukan perencanaan volume produksi sebesar 12679 unit, begitupun hingga period ke-20 dalam minggu yang mendatang.
Tipe Penelitian_Studi Empiris

Published
2024-07-30
How to Cite
Hanif Arifiansyah, M., & Retno Prasinta, W. (2024). Analisis Perencanaan Kapasitas Volume Produksi Menggunakan Metode Forecasting Pada Cireng Ateu. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 792-803. https://doi.org/10.55916/frima.v1i7.600