Strategi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Customer Retention Pada PD. Putra I’S
Abstract
Tujuan_Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi dan efektivitas Strategi Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan Customer Retention pada PD. Putra I’S. Strategi CRM diterapkan agar menjadi loyalitas pelanggan pada perusahaan sehingga menjadi pelanggan tetap dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.
Desain/Metode_Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi dengan datang langsung ke PD. Putra I’S dan mewawancarai informan yang ada. Temuan_Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi CRM yang dijalankan oleh PD. Putra I’S menggunakan tiga aspek utama yang digunakan yaitu Pertama, aspek people yang sudah diterapkan dengan baik, dengan adanya sikap baik yang ditunjukan oleh karyawan membuat pelanggan merasa nyaman dan puas sehingga dapat menumbuhkan loyalitas pelanggan. Kedua, aspek process yang dijalankan yaitu meliputi pelayanan, promosi, serta pengenalan produk dan penanganan terhadap keluhan pelanggan. Ketiga, aspek technologi yang dijalankan yaitu pelanggan
dapat melakukan pemesanan lebih mudah melalui media aplikasi yaitu Instagram dan WhatsApp, dan pembayaran non-tunai.
Implikasi_Adapun efektivitas Customer Relationship Management dalam meningkatkan penjualan di PD. Putra I'S yang dimana implementasi CRM yang efektif dapat membuat dampak yang signifikan dalam meningkatkan penjualan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Selain itu fungsi dari CRM ini dapat dimanfaatkan dalam proses prospeksi dan strategi keterlibaan pelanggan, juga mencatat beberapa hal bagus untuk menerapkan CRM dalam lingkungan pemasaran PD. Putra I’S. Selain itu juga dapat menciptakan hubungan antara PD. Putra I’S dan pelanggan dengan lebih cepat dan mudah sehingga akan menciptakan hubungan yang lebih baik antara PD. Putra I’S dan pelanggan.
Tipe Penelitian_Studi Empiris